“Siswa Mengenal Nusantara” Sumsel Dibekali Tari Daerah

     Palembang, jurnalsumatra.com –  Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Sumatera Selatan yang akan menyambangi Jawa Timur dibekali kemampuan tari dan lagu daerah.
Sebanyak 20 siswa peserta program tersebut berlatih tari daerah “Gending Sriwijaya” dan lagu “Dek Sangke”.
Panitia Pelaksana dari PT Angkasa Pura Niki Herliyanti mengatakan pembekalan kesenian daerah ini diberikan untuk nantinya ditampilkan peserta ketika mereka berada di Jawa Timur.
“Begitu juga dengan perwakilan Jawa Timur yang datang ke Palembang, juga akan menampilkan kesenian daerah dari sana,” kata dia.
Program siswa mengenal nusantara yang diselenggarakan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus berlanjut di Provinsi Sumatera Selatan pada 2018.
Setelah selama empat tahun konsisten diselenggarakan, sebanyak 20 orang siswa dari 17 kabupaten kota di Sumatera Selatan terpilih untuk mengikuti program pertukaran pelajar ini yang nantinya akan mengunjungi Provinsi Jawa Timur.

Proses seleksi ketat telah dilaksanakan panitia daerah dengan meloloskan 20 siswa itu, yang beberapa diantaranya berasal dari kabupaten tertinggal di Sumsel seperti Musi Rawas, Empat Lawang, dan Penukal Abab Lematang Ilir.
Sementara, panitia di Palembang yang terdiri atas PT Angkasa Pura, PT Indofarma, dan Perum LKBN Kantor Berita Antara, akan menerima kedatangan 20 siswa dari Jawa Timur yang juga merupakan siswa siswi pilihan.
Dalam masa 13 juli – 20 Agustus 2018 itu, ke-20 siswa ini menjalani kegiatan cukup padat. Bukan hanya menyantap kuliner asal Palembang, siswa-siswa ini akan melihat langsung bagaimana kota yang akan menjadi tuan rumah Asian Games XVIII, 18 Agustus mendatang.
Selain itu, mereka juga mendapat sejumlah pembekalan, seperti kunjungan ke Perpustakaan, kegiatan fisik bersama TNI, kunjungan ke Bandara SMB II, pemberian bantuan buku, penanaman pohon, hingga pemberian materi mengenai jurnalistik.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 5 =