Siswa SMK Wiyasa Kota Magelang Tes Urine

     Magelang, jurnalsumatra.com – Badan Kesatuan Bangsa dan Pelindungan Masyarakat Pemerintah Kota Magelang bekerja sama dengan Unit Pelaksana Teknis Daerah Laboratorium Kesehatan melakukan tes urine terhadap para siswa Sekolah Menengah Kejuruan Wiyasa sebagai pencegahan penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar.
“Dilakukan kepada para siswa sekolah ini, secara acak. Kami ambil sampel 100 siswa untuk mengikuti pemeriksaan urine,” kata Kepala Bidang Pengkajian Masalah Strategis Daerah dan Perlindungan Masyarakat Badan Kesbanglinmas Pemkot Magelang Satyawan Baroto di sela kegiatan di sekolah itu di Magelang, Selasa.
Ia juga menyebut pelaksanaan kegiatan tersebut secara mendadak di SMK Wiyasa Kota Magelang, sebagaimana kegiatan serupa terhadap sekitar 500 pejabat di lingkungan pemkot setempat beberapa waktu lalu.
Ia menjelaskan tes urine secara mendadak tersebut memudahkan petugas dalam mendeteksi kemungkinan adanya oknum siswa menyalahgunakan atau mengonsumsi narkoba.

     Hingga saat ini, ujarnya, penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar setempat relatif rendah.
Pada kesempatan itu, Baroto tidak menyebut angka pelajar di daerah itu yang terlibat kasus penyalahgunaan narkoba.
Kepala SMK Wiyasa Kota Magelang Endang Pratiwi S. menyatakan dukungan terhadap program Badan Kesbanglinmas bekerja sama dengan UPTD Labkes Dinas Kesehatan Pemkot Magelang berupa pemeriksaan urine kepada pelajar.
Pihaknya selama ini juga secara rutin melakukan pencegahan terhadap penyalahgunaan narkoba di kalangan siswa melalui pemeriksaan mendadak terhadap berbagai barang yang dibawa mereka dengan menggunakan tas sekolahnya.
“Kami juga melakukan razia rutin, kami periksa tas para siswa. Tujuannya untuk mengantisipasi peredaran narkoba di kalangan siswa kami, termasuk larangan merokok,” katanya.
Ia membenarkan bahwa pemilihan terhadap 100 siswa sekolah tersebut untuk menjalani tes urine secara acak.(anjas)

Leave a Reply