Siswa Wajib Bayar Biaya Tambahan Juta’an

Palembang, jurnalsumatra.com – Dua SMA unggulan di Palembang yakni SMAN 1 dan SMAN 17 telah melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) kurikulum cambrige. Siswa yang diterima dalam seleksi kurikulum cambrige wajib membayar biaya tambahan Rp 1,4 juta perbulan diluar biaya SPP.

Kabid SMA Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumsel, Bonny Safriyan mengatakan, SMA unggulan yakni SMAN 1 dan SMAN 17 mulai tahun ini menerapkan kurikulum cambrige untuk 3 kelas di PPDB. Siswa yang lulus pada tes untuk kurikulum cambrige akan diseleksi lagi oleh perwakilan cambrige di Indonesia. “Dengan adanya penerapan kurikulum cambrige di dua sekolah tersebut, diharapkan kita bisa mendapatkan siswa yang potensial dari sisi akademik,” ujarnya.

Bonny menjelaskan, butuh komitmen dari orang tua yang dinyatakan lulus di PPDB kurikulum cambrige ini. Pasalnya, setiap siswa dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 1,4 juta, diluar biaya SPP.  “Siswa yang mengikuti kurikulum ini dikenakan biaya tambahan cukup besar yakni Rp 1,4 juta perbulan. Jadi butuh komitmen orang tua mau atau tidak mendukung anaknya di kelas kurikulum cambrige tersebut,” ucapnya.

Ketika ditanya jumlah kuota siswa diterima di SMAN 1 dan SMAN 17 khusus kurikulum cambrige, dia mengungkapkan, kuotanya sekitar 60 siswa dibagi menjadi 3 kelas. Kedepan, siswa tamat dari kurikulum cambrige ditargetkan kuliah di luar negeri. “Harapan kita mereka nanti kuliah diluar negeri mendapat beasiswa. Tapi kalau tidak mendapat beasiswa, mereka bisa kuliah dengan biaya sendiri,” kata Bonny.

PPDB untuk kurikulum nasional, lanjut Bonny akan dilaksanakan sekitar Mei.Pasalnya, sampai saat ini pihaknya masih menunggu Permendikbud. “Siswa yang diterima  di PPDB untuk  kurikulum cambrige dan kurikulum nasional mulai belajar Juli,” pungkasnya. (Yanti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 3 =