Sleman Anggarkan Rp200 Juta Cetak APK

    Sleman,jurnalsumatra.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengalokasikan anggaran sebesar Rp200 juta untuk mencetak alat peraga kampanye Pemilu 2019.
“Ada jenis APK pada Pemilu 2019, yakni APK yang difasilitasi KPU dan APK mandiri dari masing-masing parpol maupun capres,” kata Ketua KPU Kabupaten Sleman Imanda Yulianto di Sleman, Rabu.
Menurut dia, sesuai dengan aturan, KPU Kabupaten Sleman memfasilitasi APK berupa baliho sebanyak 180 buah untuk partai politik dan calon presiden. Selain itu, juga berbentuk spanduk berjumlah 398 buah untuk DPD, capres, dan parpol.
“Pemasangannya APK tersebut kami serahkan kepada masing-masing peserta pemilu,” katanya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya telah mengeluarkan SK KPU Kabupaten Sleman No. 68/2018 yang mengatur tentang lokasi pemasangan APK di seluruh wilayah Kabupaten Sleman.
“Tempat ibadah, lembaga pendidikan, gedung dan lingkungan pemerintahan, tiang listrik, pohon, dekat fasilitas umum, itu dilarang untuk dipasang APK,” katanya.
Imanda menyebutkan ada 1.100 titik pemasangan APK di Sleman dengan total maksimal 23.000 APK.
“Terkait dengan jenis, jumlah, dan ukuran APK tertuang dalam SK KPU Sleman No. 69/2018,” katanya.
Untuk penertiban APK yang melangar aturan KPU Kabupaten Sleman tersebut merupakan kewenangan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sleman.
“Namun, tentunya dalam penertiban APK yang melanggar aturan, Bawaslu tetap berkoordinasi dengan KPU maupun Satpol PP Kabupaten Sleman selaku eksekutor,” katanya. (anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + eighteen =