SMA Sangsapurba Lahat Numpang UNBK di SMPN Satu

Lahat, Sumsel, jurnalsumatra.com – Lantaran masih banyak kekurangan membuat pihak Sekolah Menengah Atas (SMA) Sangsapurba Lahat, harus menumpang ke-Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Lahat, dalam menghadapi Ujian Nasional Bersetandar Komputer (UNBK).

“Kalau beberapa tahun belakang para siswa saat menghadapi Ujian Nasional masih menggunakan kertas pensil. Tapi, untuk sekarang semua sekolah yang ikut UN harus sistem berstandar komputer (UNBK), ” ungkap Kepala Sekolah (Kepsek) SMA Sangsapurba Lahat, Syarif Hidayatulah S pd, Rabu (31/1), kemarin.

Diakuinya, dengan diberlakukannya sistem Ujian Nasional Berstandar Komputer (UNBK) oleh Pemerintah Pusat ini, tidak membuat para siswa/i nya menjadi minder.

“Apapun yang sudah menjadi sistem semua siswa kita siap untuk ikuti dalam menghadapi UNBK tahun ini. Namun, untuk sementara ini kami (SMA Sangsapurba-red) akan numpang ke-SMPN 1 Lahat, ” tambahnya lagi.

Menurutnya, siswanya akan melaksanakan UNBK dengan menumpang ke SMPN 1 Lahat tersebut, karena sekolah SMA Sangsapurba masih banyak kekurangan serta keterbatasan komputer, menjadikan pelaksanaan UNBK di sekolah ini akan menumpang.

“Kalau tahun lalu, para siswanya yang ikut UN masih menggunakan sistem manual yakni, Ujian Nasional Kertas Pensil, ” ujarnya.

Diterangkan lagi olehnya, jumlah seluruh siswa SMA Sangsapurba Lahat yang menjadi peserta UN ditahun ini sebanyak 72 siswa.

“Untuk kelas XII, yang ikut dalam UN 2017/2018 ada sebanyak 72 siswa. Dan Insya Allah pada 7-8 Februari bulan depan, kita akan melalukan simulasi kepada anak-anak yang ikut dalam pelaksanaan UN,”terangnya lagi.

Dirinya mengimbau kepada orangtua siswa, agar anaknya dapat diawasi. “Selain di sekolah, kita juga menghimbau kepada orangtua siswa kami minta kerjasamanya. Diantaranya bisa mengawasi anaknya, apalagi menjelang pelaksanaan UN, biasanya yang namanya kerawanan terhadap siswa sering terjadi,”pintanya.

Terpisah, Kepala SMPN 1 Lahat, Drs Pranoto membenarkan hal tersebut, dimana pihak sekolah sudah mempersiapkan komputer di ruang leb komputer untuk disiapkan bagi siswa SMA Sangsapurba Lahat dalam menghadapi UN.

“Benar, tahun ini SMA Sangsapurba Lahat untuk UN nya akan menginduk ke SMPN 1 Lahat. Apalagi sarana seperti komputer sudah kita siapkan semuanya, ” imbuh Pranoto, kemarin. (Din)

Leave a Reply