SMAN 4 Gelar Lomba Masak


Lahat, jurnalsumatra.com – Waw..!! di SMA Negeri Unggulan 4 Lahat berlangsung semarak. Dengan tema “Kartini of The Year” Hari Kartini tersebut diisi dengan kegiatan seperti lomba masak dan pemilihan Kartini of The Year.

Kepsek SMA Negeri Unggul 4 Lahat, Baslini, M.Pd menyampaikan, peringatan Hari Kartini itu diawali dengan apel pagi yang diikuti seluruh pelajar putri dengan pembina Ibu Yuriko, S.Pd. Kemudian dilanjutkan dengan acara lomba masak dan pemilihan Kartini of The Year.

Menurut Baslini, semangat Kartini terus hidup sampai sekarang. Ia meninggalkan semangat kesetaraan perempuan dihadapan laki-laki.

“Saat ini masyarakat tidak lagi memandang perempuan terkekang di dalam rumah. Saat ini sebagaimana kaum laki-laki, perempuan Indonesia mempunyai kesempatan yang sama di bidang sosial, ekonomi, hukum dan politik,” jelasnya.

Untuk itu dari acara Kartini of The Year diharapkan dapat memberikan pembelajaran bagi para pelajar akan penting peran perempuan saat ini.

“Peringatan Hari Kartini tentunya bukan acara seremonial semata, dan bukan juga sebatas penggunaan sanggul dan kebaya bagi perempuan Indonesia. Tetapi lebih dari itu, peringatan Hari Kartini sudah selayaknya berkaitan langsung dan tegas kesetaraan hak antara perempuan dan laki-laki,” pungkasnya.

Yang jelas, hari Kartini ini merupakan hari bersejarah bagi kaum Hawa yang ada. Karena, ketegasan dan kesetaraan baik perempuan dan laki laki. “Jadi hari kartini ini punya makna yang sangat dalam dan dapat dijadikan sebagai tonggak sejarah bagi seluruh kaum hawa,” pesan Baslini. (Din)