SMN Kalteng Lepas Penyu Di Pantai Pelangi

       Yogyakarta, jurnalsumatra.com – Sebanyak 23 peserta Siswa Mengenal Nusantara BUMN Hadir Untuk Negeri dari Kalimantan Tengah melepas 30 tukik atau anak penyu di Pantai Pelangi, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat.
Pengelola Konservasi Penyu di Pantai Pelangi, Sarwidi di sela mendampingi peserta SMN mengatakan peran generasi muda sangat dibutuhkan untuk melanjutkan upaya regenerasi pelestarian penyu di masa mendatang.
“Kami berharap para siswa ini juga bisa membantu menyadarkan masyarakat agar jangan menangkap atau mengonsumsi penyu,” kata dia.
Setelah medapatkan arahan dari Sarwidi, para siswa langsung mendekat ke bibir pantai untuk melepas tukik atau anak penyu satu per satu.
Sarwidi mengakui bahwa jumlah penyu semakin berkurang. Padahal pada 1970, menurut dia, ratusan penyu masih kerap tampak mendarat ke tepi Pantai Pelangi yang terdiri atas berbagai jenis penyu seperi penyu blimbing, penyu abu-abu, serta penyu tempayan.
“Namun saat ini kebanyakan penyu yang kerap mendarat di Pantai Pelangi hanya penyu jenis abu-abu,” kata dia.

Ketua Tim SMN Kalteng Fadil Firzatullah mengaku senang mendapatkan pengalaman melepas tukik untuk kali pertama. Menurut dia, pengalaman melepas tukik baru kali pertama didapatkan.
“Biasanya smapai pantai cuma main-main dan senang-senang saja, tidak untuk kegiatan sosial seperti ini,” kata siswa SMK Negeri 2 Palangkayara ini.
Selain itu, para siswa berprestasi dari SMA, SMK, dan SLB Kalimantan Tengah memungut sampah serta limbah kayu yang berserakan di tepi Pantai Pelangi.
Peserta SMN asal Kalimantan Tengah berada di Yogyakarta selama sepekan sejak 11 Agustus 2018 untuk mempelajari beragam potensi budaya dan adat istiadat yang ada di Yogyakarta.
Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan bagian dari program BUMN Hadir Untuk negeri yang tujuannnya untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB.
Di Yogyakarta SMN digelar PT Angkasa Pura (AP) I selaku penanggung jawab bersama tiga BUMN lainnya, yakni PT Garuda Indonesia, PT Indonesia Re, dan PT Kliring Berjangka Indonesia.
Adapun peserta SMN Yogyakarta telah diberangkatkan ke Kalimantan Tengah untuk mengikuti program serupa.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five + 11 =