SMP Muhammadiyah Wakili DIY dalam FLS2N

Yogyakarta, jurnalsumatra.com – Rachmat Syahputra M dan Indiana Chiesa C pelajar SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta, didampingi guru pembimbing Anna Sophia Adham, S.Pd, ikuti Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMP tahun 2019 di Banten, 15 – 21 September 2019.

Pelajar SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta itu ikuti lomba gitar duet yang menampilkan lagu klasik, lagi popular dan lagu daerah yang diarransir peserta/guru/pelatih.

Menurut Anna Sophia Adham, SPd, FLS2N SMP tahun 2019 itu sebagai upaya memberikan ruang untuk mengembangkan kreativitas dalam penguatan pendidikan karakter dan potensi seni siswa SMP 

Selain itu, kegiatan yang diadakan Direktorat Pembinaan SMP Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud RI untuk mewadahi bakat dan minat seni peserta didik.

“Menjadikan Kegiatan itu sebagai pengalaman belajar atau learning experience dan mengembangkan sikap dan kepribadian seperti sikap saling menghargai, saling menghormati, solidaritas dan toleransi,” kata Anna, Senin (16/9/2019).

Dijelaskan Anna, penilaian dalam FLS2N SMP tahun 2019 itu meliputi kualitas tone, teknik, pembawaan dan penampilan.

Mengapa memilih gitar? “Karena gitar adalah instrumen musik yang sangat popular di masyarakat, terutama pelajar SMP,” kata Anna.

Bagi Anna, penguasaan permainan gitar akan berkontribusi pada pembentukan karakter pribadi, gerak motorik dan hubungan sosial peserta didik. (Affan)