Soekarwo Pimpin Upacara Hari Pahlawan Di Surabaya

     Surabaya, jurnalsumatra.com – Gubernur Jawa Timur Soekarwo memimpin upacara memperingati Hari Pahlawan 10 November di Tugu Pahlawan Surabaya, Jumat pagi.
Upacara yang diikuti ribuan peserta dari berbagai organisasi, TNI/Polri dan mahasiswa tersebut digelar tepat pukul 08.00 WIB dengan diawali pengibaran bendera merah putih.
Tepat pukul 08.15 WIB, Gubernur selaku inspektur upacara mengajak mengheningkan cipta mendoakan arwah para pahlawan agar diterima di sisi Allah SWT.
“Marilah kita sejenak menundukkan kepala seraya berdoa kepada Allah SWT, mendoakan agar arwah para pahlawan, khususnya pahlawan perjuangan 10 November di Surabaya diterima di sisi-Nya,” ucap Pakde Karwo, sapaan akrabnya.
Usai berdoa, orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut memimpin pembacaan Pancasila yang diikuti pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh petugas upacara.
Pembacaan pesan-pesan perjuangan atau kata mutiara dari para pahlawan nasional, antara lain pesan dari Nyi Ageng Serang, Jenderal Sudirman, Muhammad Yamin, Supriyadi, Teuku Nyak Arif, Abdul Muis dan beberapa pahlawan nasional lainnya.

     Pada kesempatan sama, inspektur upacara juga membacakan amanat dari Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa pada Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017.
“Para pendiri bangsa mengabarkan pesan penting kepada kita. Pesan itu adalah setelah kemerdekaan diraih maka tahapan selanjutnya kita harus bersatu terlebih dahulu untuk bisa memasuki tahapan bernegara selanjutnya, yakni berdaulat, adil dan makmur,” katanya membacakan amanat Mensos.
Sementara itu, peringatan upacara berlokasi di Tugu Pahlawan karena di tempat itulah peristiwa perjuangan 10 November 1945 hingga didirikan tugu untuk mengenang para pahlawan.
Turut hadir pada upacara tersebut Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, Sekdaprov Jatim Akhmad Sukardi, Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko dan sejumlah pimpinan Forkopimda, puluhan veteran serta ribuan undangan.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − one =