Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan Pemersatu Indonesia Di Praha

London, jurnalsumatra.com – Indonesia mengembangkan sistem demokrasi yang cukup baik dengan empat pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika merupakan modal dasar untuk mempersatukan seluruh bangsa Indonesia.            
Delegasi MPR RI dalam acara “Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan MPR RI” yang diadakan di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Praha, Ceko, demikian Pensosbud KBRI Praha, Prairie Maharwati kepada Antara London, Rabu (6/3), menegaskan empat pilar itu sebagai pemersatu bangsa Indonesia.         
Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri keluarga besar KBRI Praha, masyarakat dan diaspora Indonesia di Republik Ceko, dan merupakan bagian dari program kunjungan kerja delegasi MPR RI di Ceko.
     Ketua Delegasi MPR RI Zainut Tauhid Sa’adi dalam sosialisasi itu mengatakan, Indonesia mengembangkan sistem demokrasi yang cukup baik.
Empat Pilar Kebangsaan tersebut sangat penting karena menjadi modal dasar mempersatukan seluruh bangsa Indonesia, ujarnya.          
Lebih lanjut, Zainut menjelaskan Indonesia memiliki modal sosial budaya yang kuat, antara lain keberagaman suku bangsa dan kekayaan alam yang melimpah. Selain itu, Indonesia juga memiliki modal ideologi yang kuat, yaitu Pancasila.         
Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Praha Musurifun Lajawa menyampaikan  melalui kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan tersebut, diharapkan masyarakat dan diaspora Indonesia di Ceko mendapatkan pemahaman yang utuh mengenai empat pilar dimaksud sebagai benteng dan pemersatu seluruh anak bangsa, termasuk WNI di Ceko, khususnya dalam menghadapi kontestasi pemilu mendatang.          
“Kegiatan sosialisasi ini sangat penting untuk mempererat persaudaraan bangsa Indonesia, khususnya bagi WNI yang tinggal di luar negeri,” ujarnya.            
Dalam kunjungan kerja ke Ceko, delegasi MPR RI diterima Wakil Presiden Senat Ceko Mr Milan Stech.
Pada pertemuan tersebut, delegasi MPR RI dan Wakil Presiden Senat Ceko membicarakan mengenai peningkatan hubungan kedua negara.(anjas)

Leave a Reply