Sosialisasi Pembangunan Pasar Batusangkar Pada Pedagang


Tanadatar, Sumbar,  jurnalsumatra.com  – Menjelang dilaksanakannya pembangunan Pasar

Batusangkar awal 2020 mendatang dengan pagu anggaran sebesar Rp50 miliar, Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tanah Datar melaksanakan sosialisasi kepada pedagang di lantai dua Masjid Ihsan Pasar Batusangkar. Sosialisasi tersebut untuk menginformasikan kepada para pedagang yang

lapak dan kios mereka akan tergusur sementara saat masa pembangunan berlangsung, terdapat 88 kios dan 180 lapak yang akan dibongkar.

“Untuk sementara mereka kita rencanakan akan ditampung di pasar papan, di sana kita bangunkan tempat berdagang sementara. Bangunan itu nantinya juga akan digunakan untuk pedang kuliner sore hingga malam yang biasanya berdagang di sepanjang jalan Soekarno Hatta. Kita upayakan nanti bangunannya permanen,” ujar Kepala Dinas Koperindag, Marwan kepada Media ini, Selasa (30/7) menyebutkan.

Dijelaskannya, mengenai Desain Ingenering Detail (DID) telah disiapkan namun dalam proses persiapan analisa dampak lingkungan (Amdal) dan analisa dampak lingkungan lalu lintas (Amdal lalin) serta izin-izin terkait lainnya.

Menurut desain yang telah ada, nantinya pasar berlantai dua itu akan terdiri dari 150 unit kios dan 300 lapak yang diharapkan juga dapat menampung para pedagang yang saat ini menggelar dagangannya tidak pada tempat selayaknya, seperti di trotoal, di depan kios, di pinggir jalan dalam pasar dan sebagainya.

“Nanti yang akan membangunnya langsung Kementrian PUPR, setelah bangunannya siap baru diserahterimakan kepada Pemda, namun jika seluruh izin dan persyaratannya bisa kita siapkan sesegera mungkin, bisa kita langsung yang melaksanakan pelelangannya. Di pasar ini juga terdapat problem pada pedagang, pihak pertama yang menguasai pasar juga terdapat menyewakan kepada pihak ketiga, sedangkan itu tidak dibenarkan setelah Perda pada Agustus 2018 keluar, nanti solusinya akan kami persilahkan kepada mereka berdua yang berunding, nama siapa yang akan diajukan kedepannya,” ujar Marwan.

Saat sosialisasi yang dihadiri puluhan pedagang itu, juga dihadiri oleh pihak Kejaksaan Negeri Tanah Datar dengan fungsi sebagai pengawal pembangunan Hadir Kasi Intel Kejaksaan Negeri Tanah Datar Tatang Hermawan bersama beberapa orang anggotanya. “Terlaksananya pembangunan pasar ini nantinya akan bermanfaat untuk masyarakat pedagang dan masyarakat umum, semoga bisa dimanfaatkan nantinya dengan baik, saya lihat saat sosialisasi, masyarakat menerima pembangunan ini dengan baik, dan nanti saat pembanguna berjalan Kejari juga akan selalu mengawal proses pembangunannya agar terlaksana dengan maksimal sesuai aturan dan pengerjaan fisik berlangsung sesuai yang diharapkan masyarakat,” ujar Kasi intel Kejari Tatang Hermawan usai sosiallisasi itu berlangsung.

Salah seorang pedagang Pasar Barusangkar, Faisal pemilik toko buku 786 juga mendukung penuh rencana pembangunan pasar itu yang lebih baik. “Kami pedagang di pasar atas khususnya sangat bersyukur Pemda mendapatkan dana cukup besar ini sehingga bisa membangun pasar yang lebih bagus dan modern, kami juga siap dipindahkan ke pasar penambungan sementara menjelang bangunan ini siap dikerjakan,” ujarnya. (Jks)