Sprinter Karibia Kuasai Nomor 200m, Tapi Dominasi AS Tidak Tergoyahkan

    Toronto, Kanada, jurnalsumatra.com – Sprinter asal negara Karibia mendominasi nomor lari 200m, namun dominasi AS sebagai pengumpul medali terbanyak tidak tergoyahkan di Kejuaraan Atletik Amerika Utara, Amerika Tengah dan Karibia (NACAC) yang berakhir di Toronto, Minggu (Senin WIB).
Juara nasional dari Trinidad dan Tobago, Kyle Greaux merusak peluang tuan rumah Kanada di nomor 200m putra, dengan mencatat waktu 20,11 detik untuk mengalahkan peraih medali perak Commonwealth Games Kanada Aaron Brown (20,20).
Perlombaan di kelompok putri berlangsung ketat ketika peraih medali perunggu 400m Olimpiade Shericka Jackson dari Jamaika, keluar sebagai yang tercepat dengan waktu 22,64 detik, hanya unggul dengan selisih 0,03 detik dari saingan terdekatnya, harapan tuan rumah Crystal Emmanuel.
Fedrick Dacres dan Shanieka Ricketts menambahkan koleksi emas  untuk Jamaika, lumbung sprinter kelas dunia.

Juara Commonwealth Games Dacres di nomor lempar cakram tampiil sebagai juara dengan lemparan sejauh 68,47 meter, mengalahkan rekan senegara Traves Smikle (65,46 m).
Sementara Ricketts, runner-up di Pesta Olahraga Persemakmuran, mencatat lompatan 14.25 meter di nomor lompat jangkit putri.
Tetapi dominasi AS belum tergoyahkan pada kejuaraan hari terakhir itu dengan meraup 11 dari 17 nomor final yang dipertandingkan, enam di antaranya melalui atlet putri.
Mantan juara junior dunia Shamier Little mengalahkan juara Commonwealth asal Jamaika Janieve Russell di nomor lari halang rintang 400m putri dengan catatan waktu 53,32 detik.
Para atlet putri AS juga memenangi 1.500 m, tolak peluru, lempar lembing dan kedua nomor lari estafet.
Mantan juara dunia dalam ruang Marquis Dendy tampil dominan di nomor lompat jauh putra, mencatat lompatan sejauh 8.29m.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − three =