Sriwijaya FC Genjot Kemampuan Fisik Pemain

    Palembang, jurnalsumatra.com  – Sriwijaya FC terus menggeber kemampuan fisik pemain untuk menyongsong musim kompetisi baru Liga 1 yang diperkirakan bergulir pada Februari 2018.

Pelatih Sriwijaya FC Rahmad Darmawan di Palembang, Rabu, mengatakan sejauh ini kondisi fisik pemain relatif baik namun harus ditingkatkan lagi karena mereka baru saja libur dari latihan selama beberapa pekan.

“Ini sudah memasuki latihan yang ke-9 setelah latihan perdana dilakukan pada 4 Desember lalu. Sekilas memang sudah baik, dan ini juga dibuktikan dari hasil tes fisik kemarin. Tapi tetap saja harus ditingkatkan,” kata Rahmad yang dijumpai seusai memimpin latihan di Stadion Atletik Jakabaring.

Oleh karena itu, pelatih yang biasa disapa RD ini, memprogramkan latihan fisik hingga beberapa pekan ke depan.
Hanya saja, lantaran masa persiapan tergolong singkat mengingat Februari sudah berkompetisi penuh maka di sela-sela latihan fisik ini juga diselipkan materi pematangan taktik dan strategi.

“Melalui cara ini, saya juga ingin pemain saling beradaptasi dan saling mengenal. Khususnya untuk pemain asing,” kata mantan pelatih T-Team Malaysia ini.

Pengamatan ANTARA pada sesi latihan pagi itu, RD memberikan menu latihan “ball position”. Ia menekankan ke para pemain mengenai pentingnya dominasi tim dalam pengusahaan bola di lapangan. Ketika bola lepas ke lawan, maka pemain harus secepatnya memberikan tekanan untuk menguasai bola kembali.

Saat tim mengusai bola, ia menekankan ke pemain untuk cerdas dalam membaca tempo permainan. Jika tidak memungkinkan mengirimkan bola ke sektor depan, maka menjadi sah saja jika harus “back passing” terlebih dahulu.

Pada sesi latihan ini, terlihat para pemain Sriwijaya bersemangat, tak terkecuali “Duo Mali” Makan Kanote (striker) dan Mohammadou N’Diaye (pemain belakang).

Sesekali RD mengingatkan Konate untuk efektif dalam pergerakan atau cukup satu dua kali saja dalam menyentuh bola dan langsung ke jantung pertahanan lawan.

Latihan pagi itu juga dihadiri striker anyar Sriwijaya FC Manuchehr Jalilov. Hanya saja, pemain ini belum bisa bergabung dengan tim karena masih dalam pemulihan kondisi. “MJ” hanya jogging mengelilingi lapangan untuk menjaga kondisi fisiknya. Seperti diketahui MJ baru tiba di Palembang dua hari lalu.

Sriwijaya FC mengusung target tinggi musim ini setelah pada musim lalu terpuruk pada peringkat 13 pada kompetisi Go-Jek Traveloka Liga 1. Pada musim 2018, Sriwijaya FC menargetkan setidaknya menembus tiga besar Liga 1 sehingga bisa berkompetisi di AFC Cup.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven + 11 =