Sulsel-Luzern Swiss Kerja Sama Pendidikan Vokasi

London, jurnalsumatra.com – Wakil Gubernur Propinsi Sulawesi Selatan Sudirman Sulaiman berkomitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan menjalin kerja sama dengan Sekolah Manajemen Pariwisata dan Perhotelan IMI di  Luzern, Swiss.
Pensosbud KBRI Bern, Sasanti Nordewati dalam keterangan kepada Antara London, Sabtu menyebutkan penandatangan Nota Kesepahaman kerja sama Pendidikan Kejuruan yang berada di kota Luzern, Swiss itu
disaksikan  Duta Besar RI untuk Konfederasi Swiss dan Keharyapatihan Liechtenstein, Muliaman Hadad.
Penandatangan dilakukan di kampus IMI, 15 kilometer dari pusat Kota Luzern, Swiss. Sekolah Pariwisata International Management Institute (IMI) Luzern menyambut baik kerja sama pendidikan  vokasi.
Kerja sama tersebut merupakan bagian dari hubungan baik Pemerintah Swiss dengan Pemerintah Indonesia yang sudah terbina sejak tahun 1971, ketika IMI menjadi Institut pendidikan Swiss yang mendukung pendidikan NHI Bandung.
Di saat banyak sekolah kejuruan Swiss dicaplok oleh perusahaan asing, IMI mempertahankan reputasinya sebagai satu-satunya sekolah manajemen perhotelan dan pariwisata yang dikelola warga negara Swiss.

IMI juga mengembangkan sayap sebagai sekolah perhotelan pertama Swiss yang melakukan penelitian bidang bisnis berkelanjutan di Asia khususnya di Viet Nam.
Sudirman Sulaiman mengatakan Propinsi Sulawesi Selatan menyadari masih banyak yang perlu diperbaiki untuk mendorong majunya pariwisata daerah, untuk itu kerjasama dalam
peningkatan Sumber Daya Manusia di bidang ini menjadi urgent, ujarnya.
Sementara itu Dubes mengatakan monitoring perkembangan kerja sama ini juga tidak kalah penting untuk dilakukan, jangan berhenti sampai level penandatangan MoU.
Setiap kesepakatan kerja sama yang dilakukan Indonesia dengan berbagai pihak harus membawa manfaat sebesar-besarnya untuk rakyat Indonesia, kata Muliaman Hadad.(anjas)

Leave a Reply