Sultan: Pendidikan Prioritas Pembangunan DIY

    Yogyakarta, jurnalsumatra.com – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta  Sultan Hamengku Buwono X mengemukakan pendidikan merupakan salah satu prioritas pembangunan di provinsi tersebut selain pariwisata dan kebudayaan.
“Melalui filosofi itu perguruan tinggi termasuk Universitas Islam Indonesia (UII) berperan dalam dunia pendidikan untuk menjadikan DIY pusat pendidikan terkemuka di Asia Tenggara,” kata Sultan dalam sambutan pelantikan Fathul Wahid PhD sebagai Rektor UII periode 2018-2022 di Yogyakarta, Jumat.
Sultan dalam sambutan tertulis dibacakan Asisten Keistimewaan Setda DIY, Didik Purwadi  mengatakan, kehadiran UII sebagai sebuah perguruan tinggi turut menjadi bagian dalam mencerdaskan kehidupan bangsa di Indonesia, khususnya di Yogyakarta.
Ketua Umum Pengurus Yayasan Badan Wakaf UII Dr Luthfi Hasan MS mengatakan kepemimpinan yang kuat merupakan faktor penting dalam mengembangkan dan memajukan sebuah institusi.
“Sebuah institusi sangat tergantung dari orang nomor satu di lingkungan tersebut, yakni ‘strong leadership’ sebagai salah satu dasar keberhasilannya,” kata mantan Rektor UII itu.
Sementara itu, Fathul Wahid mengatakan amanah untuk memimpin UII berada di masa yang disebut orang sebagai era disrupsi, di mana kehadiran teknologi dan informasi berkembang dengan sangat pesat.

     “Kami mengajak seluruh sivitas akademika untuk melihat disrupsi sebagai sebuah berkah, karena perkembangan ini telah menghadirkan banyak perubahan signifikan dalam dunia pendidikan,” katanya.
Ke depan, menurut dia, teknologi informasi tidak bisa hanya menjadi pendukung operasional, tetapi harus menjadi instrumen strategis.
Ia mengatakan, UII sebagai sebuah universitas itu ibarat pohon, yang harus menghujamkan akarnya, menjulangkan cabangnya, serta melebatkan buahnya sepanjang masa.
“Kehadiran UII harus kita upayakan membawa perubahan, memberikan dampak. Inilah buah yang harus UII perlebat, dengan tujuan utama membawa kebermanfaatan untuk umat dan bangsa,” kata mantan Dekan Fakultas Teknik Industri (FTI) UII itu.
Fathul Wahid dilantik oleh Luthfi Hasan sebagai Rektor UII periode 2018-2022 menggantikan Nandang Sutrisno yang telah habis masa jabatannya. Fathul kemudian melantik dan mengambil sumpah empat Wakil Rektor UII.
Empat Wakil Rektor UII yang dilantik Dr.Imam Djati Widodo sebagai WR I Bidang Pengembangan Akademik dan Riset, Dr.Zaenal Arifin WR II Bidang Sumber Daya dan Pengembangan Karir, Dr.Rohidin WR III Bidang Kemahasiswaan, Keagamaan, dan Alumni, serta Wiryono Raharjo,PhD WR IV  Bidang Networking dan Kewirausahaan.(anjas)

Leave a Reply