Sumbar Gelar Kejurda Bagi Atlet Tuna Grahita

     Padang, jurnalsumatra.com – Provinsi Sumbar menggelar kejuaraan daerah (kejurda) Olimpiade bagi atlet penyandang tuna grahita di Padang pada 12 hingga 15 Maret 2018.
“Sebanyak 14 kabupaten dan kota se Sumbar mengirimkan perwakilannya pada kejurda yang mempertandingkan tujuh cabang olahraga tersebut,” kata Ketua Spesial Olimpiade Indonesia (SOIna) Sumbar Amsyaruddin di Padang, Selasa.
Dia menyebutkan ketujuh cabang itu terdiri atas lima cabang olahraga inti dengan pelaksanaan di lima tempat yang berbeda.
Atletik di lintasan GOR Agus Salim, bulu tangkis di gedung Sport Centre, renang di Kolam Teratai, tenis meja di gedung serba guna KONI Sumbar dan cabang olahraga khusus tuna grahita Bocce di stadion Agus Salim.
Kemudian terdapat dua cabang eksibisi atau tidak dimasukkan dalam perolehan medali yakni boling di arena boling Semen Padang serta bola voli di GOR Agus Salim.
Menurutnya secara individu kegiatan ini membantu kesehatan dan pengembangan atlet tersebut.

     Pengembangan ini terkait memperkuat kepercayaan diri tampil di depan orang banyak sekaligus mengejar prestasi olahraga
Sementara itu ketua pelaksana Dela Handayani menambahkan dalam kejurda ini diikuti oleh 290 atlet yang nantinya akan disiapkan dalam pekan olahraga nasional SOIna ke VIII di Pekanbaru pada Juli 2018.
Ini merupakan kegiatan olahraga rutin yang manfaatnya untuk memunculkan potensi dari atlet tuna grahita di Sumbar.
Pada pelaksanaan tahun ini peserta kejurda melebihi target dari jumlah awal 200 atlet.
“Ini juga sebagai tindaklanjut bagi dinas pemuda dan olahraga daerah yang komitmen melaksanakan kejuaraan tingkat kota atau kabupaten,” ujar Dela yang juga merupakan Kepala Seksi Olahraga Pendidikan, Rekreasi, Layanan Khusus Dispora Sumbar tersebut.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one + 4 =