Sumsel intensifkan pengawasan sumur migas

Palembang jurnalsumatra.com – Kepala Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral Sumatera Selatan Robert Heri mengatakan, pengawasan sumur minyak bumi dan gas (migas) bekas usaha Pertamina akan diintensifkan guna mencegah tidak terjadi lagi penambangan atau galian tidak memiliki izin.

“Sejak penutupan usaha masyarakat terhadap sumur migas di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumsel maka pengawasan harus terus kita maksimalkan,” kata Robert Heri di Palembang, Senin.

Dia mengatakan beberapa waktu lalu pemerintah daerah dan aparat  terkait telah menertibkan usaha pencarian minyak yang diusahakan masyarakat tanpa izin di Musi Banyuasin.

“Perlu pengawasan secara ketat karena dikhawatirkan masih ada masyarakat menggali sumur minyak tua tanpa izin itu,” ujar dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, masyarakat dilarang mengusahakan sumur minyak untuk kepentingan pribadi tersebut karena dampak negatifnya cukup banyak.

Bahkan, lanjut dia, masayarakat mengelola sumur minyak tanpa izin bisa malapetaka seperti terbakar. Kejadian itu pernah terjadi di Muba yang menelan korban jiwa, karena menggunakan peralatan secara tradisional.(anjas)

Leave a Reply