Sumsel Siap Tampilkan Seni Budaya Pada HUT TMII

Palembang, jurnalsumatra.com- Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengatakan pihaknya siap menampilkan berbagai seni dan budaya daerahnya pada perayaan hari ulang tahun Taman Mini Indonesia Indah tahun 2020.

Pemprov  bersama kabupaten dan kota se-Sumsel mempersiapkan penampilan seni dan budaya khas daerah nanti, kata gubernur usai menerima
Direktur Utama TMII, Tanribari Lamo di Palembang, Selasa.

Apalagi Sumsel dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggara pada HUT TMII 2020 sehingga harus menampilkan seni dan budaya daerah yang beragam.

Bukan itu saja tetapi momen tersebut akan dijadikan sebagai wadah bagi Pemerintah Provinsi Sumsel, Kabupaten dan kota untuk menampilkan budaya dan kearifan lokal ditingkat nasional.

Pemprov Sumsel setuju dan bersedia menerima kesempatan sebagai tuan rumah pada HUT ke-45 TMII mendatang. Terlebih lagi pihaknya selalu mendengungkan untuk mengutamakan kearifan lokal dalam berbagai kesempatan.

Apalagi TMII sebagai perwujudan kearifan lokal yang menampilkan anjungan dari berbagai provinsi di seluruh Indonesia sehingga kesempatan itu harus dimanfaatkan sebaik-baiknya, ujar gubernur.

“Kita akan libatkan bupati dan wali kota se-Sumsel dengan koordinator Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumsel. Akan ada slogan dan logo khusus nantinya,” kata gubernur.

Sementara Direktur Utama TMII, Tanribari Lamo mengatakan, pihaknya akan mengandeng Pemprov Sumsel sebagai sponsor pada HUT mendatang.

“Setiap tahun dalam peringatan HUT TMII selalu melibatkan Pemprov untuk menjadi sponsor. Pada HUT TMMI ke-44 tahun 2019 yang menjadi tuan rumah Sulawesi Utara,” ujarnya.

Sementara rangkaian kegiatan dalam rangka HUT TMII dilakukan selama dua pekan yang diisi dengan pameran melibatkan seluruh Provinsi di Indonesia.

Khusus untuk Gubernur selaku Kepala Daerah Provinsi yang menjadi tuan rumah mendapatkan kesempatan sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada puncak HUT TMII, kata dia.

Oleh karena itu Pemprov Sumsel diharapkan dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin diantaranya pakaian khas daerah, souvenir bagi para tamu, dan atraksi seni budaya yang akan ditampilkan pada malam puncak peringatan HUT TMII Tahun 2020. (anjas)