Survei CSIS: Generasi Milenial Optimistis Terhadap Pemerintahan

   Jakarta, jurnalsumatra.com – Hasil survei lembaga kajian Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menunjukkan mayoritas generasi milenial berusia 17-29 tahun optimistis terhadap pemerintahan Presiden Jokowi Widodo.
Peneliti CSIS Yose Rizal di Jakarta, Jumat, mengatakan, dari survei terhadap 1.000 responden yang terdiri atas generasi milenial (17-29 tahun) dan generasi non-milenial (30 tahun ke atas) di 34 provinsi diketahui sebanyak 75,3 persen generasi milenial optimistis terhadap pemerintahan.
“Tingkat optimisme generasi milenial terhadap kemampuan pemerintah masih cukup tinggi,” katanya  dalam pemaparan hasil survei bertajuk “Ada Apa dengan Milenial? Orientasi Ekonomi, Sosial dan Politik Generasi Milenial”.

       Yose mengatakan sejalan dengan optimisme tersebut, tingkat kebahagiaan generasi milenial saat ini juga sangat tinggi mencapai 91,2 persen atau lebih tinggi dibandingkan generasi non-milenial sebesar 89,3 persen.
Menurut Yose Rizal, survei dilakukan terhadap generasi milenial sangat menarik sebab ada perbedaan persepsi atau pandangan yang cukup berarti dibandingkan generasi sebelumnya.
Peneliti CSIS lainnya Arya Fernandes menyampaikan perbedaan pandangan antara generasi milenial dengan non-milenial dipengaruhi oleh perkembangan teknologi.
Generasi berusia 17-29 tahun umumnya jauh lebih melek teknologi dibandingkan generasi usia 30 tahun ke atas. Selain itu generasi milenial juga lebih banyak mengakses ke media sosial ketimbang surat kabar.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one + 12 =