Survei: Elektabilitas PDIP Dan Golkar Tertinggi

    Jakarta, jurnalsumatra.com – Lembaga survei LSI Denny JA menyatakan PDI Perjuangan dan Golkar merupakan dua partai yang saat ini memiliki elektabilitas tertinggi, dan mampu melebihi elektabilitas tahun 2014.
Kesimpulan itu diperoleh melalui hasil survei bertajuk “Lima Isu Partai Politik Terkini di Tahun Politik” yang dilakukan LSI Denny JA, selama periode 7-14 Januari 2018 terhadap 1.200 responden di 34 provinsi.
“Hanya ada dua partai politik yang perolehan elektabilitasnya diatas perolehan suara pemilu legislatif 2014 yaitu PDI Perjuangan dan Golkar,” ujar Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar dalam pemaparan hasil survei di Kantor LSI Denny JA, Rawamangun, Jakarta, Rabu.
Rully mengatakan elektabilitas PDI Perjuangan saat ini mencapai  22,2 persen atau lebih tinggi dibandingkan elektabilitasnya pada 2014 yakni 18,95 persen.

     Sementara Golkar elektabilitasnya kini 15,5 persen atau lebih besar dibanding elektabilitas 2014 lalu yang sebesar 14,75 persen.
Rully mengatakan elektabilitas Golkar kian meningkat seiring pergantian Ketua Umum dari Setya Novanto kepada Airlangga Hartarto.
Sedangkan untuk PDI Perjuangan, Rully mengatakan bahwa meskipun elektabilitasnya lebih tinggi dari 2014, tetapi sejatinya elektabilitas PDIP mengalami penurunan sejak Agustus tahun lalu.
Pada Agustus 2017, elektabilitas PDIP sebesar 28,3 persen, kemudian turun di angka 22,7 persen pada Desember hingga kini menjadi 22,2 persen.
Sementara itu partai lain dibawah PDIP dan Golkar cenderung stagnan atau turun elektabilitasnya. Partai lima besar dibawah PDIP dan Golkar yakni Gerindra 11,4 persen, Demokrat 6,2 persen, dan PKB 6,0 persen.(anjas)

Leave a Reply