Tanah Datar Luncurkan Aplikasi SIAPE

TanahDatar, Sumbar, Jurnalsumatra.com  – Pemerintah Kabupaten Tanah Datar meluncurkan Aplikasi SIAPE (Sistem Aplikasi Administrasi Perkantoran Elektronik) dan tanda tangan elektronik yang diresmikan Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, Senin (2/1/2020) di Indo Jolito Batusangkar.

Wabup Zuldafri Darma di kesempatan itu mengungkapkan, SIAPE diluncurkan dengan harapan pelaksanaan pekerjaan pada intansi dapat dilakukan dengan lebih mudah. “Pemerintah Daerah mendukung lahirnya berbagai inovasi dari OPD dan salah satunya SIAPE ini oleh dinas Kominfo, tentunya diharapkan dengan aplikasi ini dapat mendorong pelaksanaan reformasi birokrasi berbasis elektronik,” ungkapnya.

Dengan SIAPE ini, tambah Wabup, nantinya proses surat menyurat akan dilaksanakan melalui elektronik. “Awalnya proses administrasi dilaksanakan secara manual memakai kertas, dengan SIAPE kita ubah menjadi elektronik. Tentunya ada keuntungannya dari perubahan ini, yaitu hemat pada penggunaan kertas dan proses administrasi surat menyurat berupa disposisi dan lain dapat dilakukan dimana saja selagi perangkat terhubung ke jaringan internet,” ujarnya.

Di akhir penyampaiannya Wabup Zuldafri Darma berharap seluruh OPD se Tanah Datar mendukung pelaksanaan program ini. “Merubah kebiasaan memang sesuatu pekerjaan yang relatif berat, namun dengan tekad dan dukungan kita semua, itu tentu bukanlah hal yang mustahil, tentunya secara bertahap juga dipersiapkan SDM handal untuk ini pada OPD masing-masing sesuai kebutuhan kita, dan kalau ada kesulitan silahkan koordinasi dengan Dinas Kominfo,” tukasnya.

Sebelumnya Kadis Kominfo Abrar memaparkan, aplikasi SIAPE diadopsi dari aplikasi SIMAYA yang dikembangkan dinas Kominfo Sumbar. “Walaupun diadopsi, namun SIAPE sudah disempurnakan sesuai kebutuhan kita di OPD Tanah Datar, karena ada beberapa fitur pada SIMAYA pengembangan Kominfo Sumbar yang belum mengakomodasi kebutuhan kita,” sampainya.

Abrar menambahkan, Dinas Kominfo Tanah Datar selama tahun 2019 telah melakukan Bimtek kepada seluruh perangkat daerah. “Untuk menjamin keamanan SIAPE, Pemkab Tanah Datar telah bekerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) sekaligus penambahan fitur tanda tangan elektronik. Dan pada Dinas Kominfo sendiri telah dilakukan ujicoba sejak Januari 2019 lalu,” ungkapnya.

Ada dua fungsi utama SIAPE, ungkap Abrar, untuk memudahkan seluruh pelaksanaan administrasi pada OPD masing-masing. “Dua fungsi utama aplikasi SIAPE adalah, pertama untuk proses administrasi atau manajemen surat masuk, dan kedua, untuk proses administrasi atau manajemen surat keluar dilengkapi tanda tangan digital, tentunya Saya butuh dukungan kita semua sehingga program ini bisa berjalan semestinya, dan Dinas Kominfo siap membantu terkait SIAPE ini,” pungkas Abrar.

Turut hadir Kajari Tanah Datar Hardijono Sidayat, Sekda Irwandi, Asisten I Suhermen, Asisten II Edi Susanto, Asisten III Helfy Rahmy Harun, Kepala OPD, Kepala Bagian di lingkungan Setda, Camat se Tanah Datar dan Kabid pada OPD dan undangan lainnya dilanjutkan dengan tutorial dan simulasi pemakaian aplikasi SIAPE. (Myt/h)