Tanamkan Energi Positif Terhadap Wartawan

Muba, Sumsel, jurnalsumatra.com – Dalam pembukaan acara Seminar Sehari Bersama PWI dengan tema ,”Peran Pers di Desa ” yang dihadiri ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pusat Margiono diwakili ketua bidang pembinaan daerah Atal S Depari dan ketua PWI Sumsel Oktav Riadi SH, berlansung di Gedung Dharma Wanita Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Kamis (15/3/2018).

Plt Bupati Muba Beni Hernedi diwakili Asisten I Setda Muba H Rusli SP MM, memberi pemahaman terhadap SKPD dan para Kepala desa mengenai peran pers.

“Tadi banyak disampaikan secara teknis oleh ketua PWI Sumsel mengenai peran pers ini.  Kemudian ditahun-tahun sebelumnya banyak kepala desa yang merasa terganggu dengan wartawan, sebenarnya tidak sama sekali. Terus terang secara pribadi saya bergelut dengan kawan-kawan wartawan ini sudah cukup lama, tidak merasa terganggu, apabilah kita menyikapi ketika rekan-rekan media berkunjung, kita tanamkan energy positif didalam pemikiran dengan demikian kita tidak akan terganggu dan tidak merasa keberatan untuk menemui wartawan.

Biasanya yang merasa terganggu yang ditanamkan didalam pemikiran energy negative, mohon maaf, kasarnya  mungkin dianggap kedatangan wartawan hanya untuk mengutik-utik pekerjaan dan meminta uang. Nah kalau energy negative ini dimasukan kedalam pemikiran, kita tidak akan bertemu dan tidak akan bisa menerima wartawan.

Tidak ada persoalan yang tidak bisa diselesaikan, tetapi untuk menyelesakan suatu persoalan berkomunikasi. Dan kenapa takut kepala desa,  kalau kita berperan sebagai kades sudah melakasanakan tugas dan tanggung jawab sesuai per-undang-undang. “Demikian disampaikan Asisten I H Rusli SP MM saat berpidato.

Rusli juga menjelaskan, kalau Pemkab Muba akan terus mendukung kegiatan atau program Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

“Kami ucapkan terima kasih kepada PWI yang turut serta memantau program pembangunan di Muba, dan kalau ada kegiatan PWI akan terus kami suport,” Kata Rusli setelah menyaksikan penandatanganan MoU antara PWI Muba dan Apdesi Muba tentang sinergisitas PWI dan pemeritah desa.

Bahkan dengan penandatanganan nota kesepahaman antara PWI ini, kedepan kerjasama tersebut dapat mendukung program pembangunan di Kabupaten Muba. Mudah-mudahan dengan terjalinnya kerjasama antara PWI dan Apdesi ini dapat berdampak positif bagi pembangunan di setiap desa,” tambahnya.

Sementara Ketua PWI Muba Kurnaidi ST mengungkapkan, bahwa seminar yang diikuti PWI se Sumatera Selatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Pers Nasional tingkat Kabupaten Muba. “Harapan kami PWI dapat bersinergi ke berbagai pihak hingga ke pemerintah desa.

Semoga dengan terjalinnya kerjasama PWI dengan pemerintah desa ini seluruh kegiatan didesa-desa dapat terekspos,” harap dia. (Rafik Elyas)

Leave a Reply