Tangkap Bandar Narkoba Polisi Diserbu Massa

Kayuagung, jurnalsumatra.com – Kurangnya kepedulian sebagian warga terhadap bahaya narkoba sepertinya masih minim, alih  – alih melaporkan bandar narkoba atau pengguna narkoba, justru mereka terkesan membela dan menyerang pihak kepolisian saat melakukan penangkapan.

Seperti terjadi di Desa Petaling Kecamatan Tulung Selapan Ogan Komering Ilir (OKI), Kamis (7/12/2017) Sekira pukul 16.00 Wib, puluhan massa menyerbu anggota Sat Narkoba Polres OKI saat melakukan penangkapan bandar Narkoba Enti di desa Petaling Kecamatan Telung Selapan.

Kapolres OKI, AKBP Ade Heriyanto SH MH, dirinya sangat menyayangkan tindakan sekelompok warga yang melakukan perlawanan dalam bentuk aksi kekerasan dan penyerangan kepada petugas dari Sat Narkoba Polres OKI, yang berupaya melakukan pemberantasan peredaran narkoba di wilayah Kecamatan Tulung Selapan.

“Seharusnya masyarakat memberikan dukungan kepada kami, bukan malah berupaya menghalang halangi. Bahkan ada upaya sampai mau melakukan pembakaran terhadap mobil petugas,” ujar menyesalkan Kapolres OKI, didampingi kabag Humas Polres OKI Ipda Ilham Parlindungan.

Diceritakannya, kronologis kejadian ada saat personel Satnarkoba Polres OKI dipimpin AKP Hery Yusman bersama 13 orang anggota melakukan penangkapan terhadap tersangka BD narkoba an. Enti di desa Petaling Kec. Telung selapan, sesaat setelah penangkapan, pada saat tersangka sudah diamankan di mobil tiba tiba massa yang diprovokasi oleh kakak tersangka yakni Mulkan dan Koncit melakukan pelemparan dan Penyerangan dengan menggunakan parang, kayu dan batu kepada anggota, sehingga menyebabkan kaca samping kanan dan kiri serta belakang mobil pecah dan 2 orang anggota terluka di tangan dan kepala, kemudian ke 2 provokator tesebut mengambil 2 botol berisi bensin dan disiramkan ke mobil anggota, melihat kondisi tersebut, Kasat Narkoba dan anggota memberikan tembakan peringatan namun tidak diindahkan sehingga diambil tindakan diskresi dengan menembak ke arah pelaku.

Akibat,  Mulkan luka tembak dipunggung sebelah kanan, sedangkan Koncit luka tembak ditangan kanan (tembus).

Selanjutnya 1 orang Tersangka Enti dibawa dan telah diamankan di Polres dgn BB 2 (dua) paket sedang narkoba jenis sabu, 2 (dua) botol berisi sisa bensin, parang, batubata, batu koral dan kayu yang digunakan masyarakat untuk menyerang anggota.

“Situasi sampai saat ini kondusif dan untuk ke dua warga yang tertembak telah dibawa ke Puskesmas Tulung Selapan dan rumah sakit muhammadiyah Palembang,” ungkap Ilham menambahkan.

Masih menurut Ilham, jarak penangkapan tergolong jauh dengan jarak tempub Polres OKI ke Tulung Selapan lebih kurang 95 Km dengan kondisi jalan rusak sehingga dapat ditempuh dalam waktu 4 jam.

Guna mengantisifasi tindakan lanjutan, kata Ilham, Polres OKi telah melakukan upaya penggalangan terhadap masyarakat melalui Tomas Mahdi dan kades Petaling serta anggota Dprd Kab.OKI asal petaling David untuk meredam massa agar tidak berbuat anarkis kepada Polsek.

Selain itu, menghubungi kades Selapan, Kades Selapan Ilir dan Koramil untuk membantu Pam Polsek Telung Selapan,
Melakukan penebalan Pam Polsek Tulung Selapan dengan perkuatan rayonisasi Polsek terdekat yaitu Polsek Pangkalan Lampam dan Polsek Pampangan ditambah personil Polres. (ata)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × one =