Tasyakuran Akreditasi dan Magister Pendidikan Matematika UAD

YOGYAKARTA, jurnalsumatra.com – Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta terus berusaha memenuhi harapan masyarakat untuk membuka dan mengembangkan program-program baru unggulan, termasuk juga program magister.

Berkaitan hal itu, tasyakuran akreditasi dan peringatan milad ke-2 Program Studi (Prodi) Magister Pendidikan Matematika (MPMat) Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta berlangsung di Hall Kampus 2 Unit B UAD, Jl Pramuka, Yogyakarta, Sabtu (22/9/2018), dihadiri Kaprodi di lingkungan UAD Yogyakarta dan mahasiswa angkatan 1 sampai angkatan 5.

Prodi MPMat Program Pascasarjana UAD Yogyakarta yang kreatif dan inovatif, berdiri pada 9 September 2016 sesuai SK Menristekdikti No. 314/KPT/I/2016.

Dalam sambutannya, Dr H Muchlas MT, Wakil Rektor I Bidang Konsolidasi dan Peningkatan Kualitas Akademik, berharap kepada pengelola Prodi MPMat UAD untuk mengenang dan mengambil hikmah. “Meski masih muda dengan usia dua tahun,” kata Muchlas, yang juga berharap kepada dosen-dosen untuk bisa mencapai guru besar dan tepat waktu bagi mahasiswa yang kuliah.

Minimal tiga semester harus bisa lulus. “Kalau semua kriteria bisa terpenuhi bisa lulus tepat waktu. Semoga ke depan semakin berprestasi dan mahasiswanya juga berkembang,” papar Muchlas.

Di sisi lain, Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Urusan Internasional, Prof Sarbiran, M.Ed, PhD, mengatakan, sungguh ini suatu kenikmatan bagi kita semua. “Kita perlu mengingat kembali apa yang sudah kita lakukan dalam masa kehidupan ini,” papar Sarbiran.

Pada kesempatan itu, Sarbiran meminta kepada mahasiswa untuk berlomba-lomba setelah meraih keberhasilan. Berharap pula kepada mahasiswa agar prestasi belajarnya semakin bagus dan baik.

Direktur Program Pascasarjana UAD, Prof Dr Achmad Mursyidi, MSc, Apt, memaparkan, dulu hanya sedikit orang yang berminat belajar matematika dengan alasan sulit.

“Namun, sekarang banyak orang yang berminat untuk mempelajarinya,” kata Achmad Mursyidi, yang menambahkan terbukti Prodi MPMat UAD yang masih seumur jagung sudah mludak mahasiswanya dengan dominan mahasiswa putri.

“Untuk itu, kita harus bersyukur dan harus memanfaatkan apa yang telah diberikan Allah SWT kepada kita,” ungkap Ahmad Mursyidi.

Ketepatan waktu agar dikembangkan betul, tandas Mursyidi, agar dari waktu ke waktu tidak seperti yang sudah-sudah.

Dan bagi Ahmad Mursyidi, UAD ini adalah universitas ada di mana-mana dan universitas apik dhewe. “Semoga kalau hal itu tercapai bisa sukses selanjutnya,” tandas Ahmad Mursyidi.

Ketua Program Studi MPMat UAD, Dr Suparman, M.Si, DEA, menyampaikan informasi keprodian dan menekankan saat ini Prodi MPMat UAD telah terakreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta terakreditasi B setelah ditetapkan oleh BAB PT tanggal 24 Juli 2018 dengan SK No. 1922/SK/BAN-PT/Akred/M/VII/2018.

Pada kesempatan itu, Dr Suparman, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam persiapan akreditasi, termasuk FKIP dan ormawa. “Saya merasa lega karena sudah bisa melunasi hutang kepada mahasiswa,” kata Suparman.

Dijelaskan Suparman, mahasiswa Prodi MPMat angkatan 1 ada 16 orang, angkatan 2 (9 orang), angkatan 3 (15 orang), angkatan 4 (12 orang), dan angkatan 5 (37 orang).

“Berkat kerjasama dengan Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah ada yang sudah jadi dosen di Sorong, Mataram, Riau, Pontianak, dan Bangka Belitung,” kata Suparman.

Sebelum orasi ilmiah yang disampaikan Sekretaris Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Muhammad Sayuti, M.Pd, M.Ed, dilepas balon berhadiah uang sebesar Rp 500 ribu oleh Wakil Rektor I UAD. “Diharapkan, orang yang mendapat uang itu bisa daftar ke Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta,” kelakar Suparman. (Affan)

Leave a Reply