TB Pelangi Terus Bangun Pespustakaan Ramah Anak

   Jakarta, jurnalsumatra.com – Taman Bacaan Pelangi (TB Pelangi) terus berupaya membangun perpustakaan ramah anak di sejumlah sekolah dasar untuk meningkatkan kebiasaan dan kemampuan membaca anak-anak di Indonesia
Pendiri Taman Bacaan Pelangi, Nila Tanzil dalam siaran pers yang diterima Antara, Kamis, menjelaskan, TB Pelangi telah meresmikan perpustakaannya yang ke-100 di SDK Nangapanda 1, Ende, Nusa Tenggara Timur, pekan lalu.
Pendirian perpustakaan itu dilatarbelakangi data dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia tahun 2015 yang menunjukkan 92.215 dari 170.647 sekolah dasar di Indonesia atau 55,1 persen belum memiliki perpustakaan.
“Kami giat memfokuskan diri pada pendirian perpustakaan ramah anak serta memberikan pelatihan guru di daerah terpencil Indonesia Timur sejak tahun 2009,” katanya.
Ia mengungkapkan, sebanyak 26.000 anak di 17 pulau di Indonesia Timur kini sudah mendapatkan akses buku berkualitas dan lebih dari 1.000 guru sudah mendapatkan pelatihan sistem pengelolaan perpustakaan ramah anak dan program literasi,
Perjalanan panjang  mendirikan 100 perpustakaan ramah anak di berbagai daerah pelosok di Indonesia Timur, menurut Nila, menunjukkan rasa cinta yang besar dari berbagai pihak kepada kemajuan anak-anak di daerah pelosok.
“Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kami selama ini, baik pihak sekolah, orang tua siswa, pemerintah daerah, para relawan, penyandang dana, hingga masyarakat luas. Tanpa semuanya capaian ini tidak mungkin terwujud,” tambah Nila.

   Nila Tanzil menjelaskan, peresmian perpustakaan ke-100 tersebut merupakan bagian dari rangkaian peresmian perpustakaan siklus ketiga proyek TB Pelangi dengan dana dari sebuah LSM Internasional dalam bidang pendidikan “Room to Read”.
Pada siklus ketiga, TB Pelangi mendirikan 20 perpustakaan di Kabupaten Ende. Sebelumnya, pada siklus kedua, TB Pelangi telah membuka 18 perpustakaan di Kabupaten Ende dan siklus pertama 12 perpustakaan di Kabupaten Manggarai Barat.
“Kami bangga konsep perpustakaan ramah anak telah diterapkan di Ende. Kami percaya bahwa perubahan dunia dari anak-anak yang berpendidikan. Melalui kerja sama dengan TB Pelangi, kami berkomitmen untuk membantu meningkatkan kebiasaan dan kemampuan membaca anak-anak di Indonesia,” kata mitra utama TB Pelangi, Joel Bacha.
Staf Ahli Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Hubungan Pusat dan Daerah Dr James Modouw mengapresiasi upaya yang dilakukan  Taman Bacaan Pelangi untuk meningkatkan kemampuan baca anak Indonesia melalui penyediaan akses buku berkualitas.(anjas)

Leave a Reply