Team Penilai Adipura Gerbek DP Partner

Lahat , jurnalsumatra.com – Tak disangka secara tiba tiba Team Penilai Adipura menggerbek (mendatangi-red) lokasi Bank Sampah Induk Kabupaten Lahat, yang dimotori DP Partner, guna memberikan penilaian Adipura tahun 2020 bagi Bumi Seganti Setungguan.

Team penilaian Adipura itu, terdiri dari dua orang Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan satu orang lagi dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sumatera Selatan (Sum-Sel). Yang didampingi langsung Kabid Pengolahan Sampah, Limba B3 dan peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lahat.

Kedatangan Team tersebut, disambut oleh Direktur Bank Sampah Induk Kabupaten Lahat DP Partner, BRIPKA Dodi Permana SH MM bersama Kepala Desa (Kades) Endikat Ilir Kecamatan Gumay Talang, Broto, beserta anggota BPD Endikat Ilir dan Kepala Dusun IV Endikat Ilir, Kabupaten Lahat.

“Benar, siang tadi kami didatangi oleh Team Penilai Adipura. dua orang dari Kementrian Lingkungan Hidup, dan satu orang dari DLH Provinsi Sum-Sel yang didampingi langsung Kabid Pengolahan Sampah Limba B3 DLH Kabupaten Lahat,” ungkap DP Partner BRIPKA Dodi Permana SH MM, Kamis (12/12/2019).

Dikaui Dodi, dirinya sempat kualahan setelah dicecar oleh sejumlah pertanyaan dari Team Kementrian Lingkungan Hidup maupun dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sum-Sel.

“Terutama pertanyaan terkait seputaran pengolahan sampah yang sudah berlangsung di DP Partner. dan Alhamdulillah, sejumlah pertanyaan tersebut, bisa terjawab,” ucap Dodi dengan santai.

Terakhir, Team Penilaian Adipura ini memberikan Apresiasi terhadap Bank Sampah Induk Kabupaten Lahat, yang dikelola BRIPKA Dodi Permana SH MM, yang telah berperan aktif mendukung Pemerintah dalam hal pengelohaan sampah berbasis Bank Sampah.

Disampaikan, Jonliadi selaku Kabid Pengolahan Sampah, LB3 dan Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lahat.

“Yang jelas, kami sangat berterimakasih kepada Bank Sampah Induk DP Partner yang telah berjuang dan mendukung Kabupaten Lahat untuk menjadi salah satu titik pantau Penilaian Adipura untuk tahun 2020,” jelas Jonliadi.

Harapan di DP Partner ini, kata Jonliadi, dapat menambah nilai dari Team Penilai Adipura, agar Kabupaten Lahat ditahun 2020 mendatang Lahat dapat kembali meraih Adipura tersebut.

Sementara, Kepala Desa Endikat Ilir, Broto mengaku bangga akan adanya Bank Sampah Induk DP Partner bertempat di Desa Endikat Ilir Kecamatan Gumay Talang, Kabupaten Lahat yang dapat membantu Kabupaten Lahat dalam penilaian Adipura.

“Kami juga sangat berterimakasih sekali atas terobosan dari DP Partner ini. Dodi Permana ini juga merupakan anggota Polisi yang berperan aktif dalam lingkungan. Disamping kesibukannya dalam berdinas di Polres Lahat,” tegas Kades Gumay Talang Lahat.

Selain kesibukannya sehari hari, kata Broto, pria yang berpangkat kuning empat ini, masih menyempatkan diri untuk mengajak masyarakat untuk merubah Prilaku yang tadinya suka membuang sampah sembarangan menjadi masyarakat yang lebih peduli akan lingkungan sekitar.

“Saya cukup bangga dengan salah satu warga Gumay Talang yang satu ini. Dengan menjaga kebersihan juga merupakan bagian dari Iman. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih pada saudara Dodi Permana,” tutup Broto. (Din)