Team Resmob Shadow Walet Tangkap Sindikat Senpi

Martapura, jurnalsumatra.com – Dalam Rangka Operasi Senpi Musi 2019 telah dilakukan penangkapan Oleh Team Resmob Shadow Walet Polres OKU Timur terhadap pelaku Pemilik dan atau penyalah gunaan Senjata Api dan atau sindikat Jual Beli Senjata Api Sebagai mana di atur dalam UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951 Pelaku bernama Santoso Bin Suradi pekerjaan tani(37) th merupakan warga Desa Kota Mulya Kecamatan Semendawai Timur Kabupaten OKU Timur pada hari Rabu(13/11/3019) sekira pukul 06.30 wib.

Penangkapan Santoso sendiri berdasarkan atas
Dasar Laporan Polisi Model A, Nomor:
LP A/ 93/XI/SS/OKUT.Tanggal 13 November 2019.

Kronologi penangkapan Santoso di awali
Pada hari Minggu Tanggal 10 November 2019 Sekira pukul 08.00 Wib Telah Didapat informasi dari jaringan ( Informan) Tentang adanya sindikat jual beli senjata api Di Wilayah Kecamatan Semendawai Timur Kabupaten OKU Timur.

Dengan adanya informasi tersebut kemudian Team Opsnal langsung melakukan cros cek dilapangan, Alhasil didapat identitas pelaku penjual senpi tersebut Santoso Bin Suradi, alamat Desa Kota Mulya Kecamatan Semendawai Timur Kabupaten OKU Timur bersama Broto (32)th alamat Desa Karang Melati Kecamatan Semendawai Timur Kabupaten OKU Timur.

Pada hari Selasa tanggal 12 November 2019 Sekira Pukul 22.30 Wib Unit Opsnal Shadow Walet Polres OKU Timur dan di bek up Polsek semendawai suku tiga langsung di pimpin oleh Kasat Reskrim Polres OKU Timur bersama kapolsek SS III melakukan pengintaian di rumah pelaku  Santoso namun belum terlihat adanya tanda-tanda adanya Jual Beli senjata api atau Senjata api yang dipesan tiba atau sampai.

Pada hari rabu tanggal 13 November 2019 sekira pukul 06.30 Wib berkat kejelian dan keuletan Team di lapangan akhirnya terlihat Santoso sampai dirumahnya dengan membawa kotak kardus yang di diduga berisi senjata api yang dipesan. Sekira Pukul 07.30 Wib dengan data dan fakta akurat di lapangan kemudian Team langsung melakukan Upaya Penangkapan alhasil pelaku berikut barang bukti berupa 2 (dua) Pucuk senjata Api Jenis Fn, 3 (tiga) Buah Magazine, 10 (sepuluh) Butir amunis 9ml berhasil di amankan.

Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya SH. SIK melalui Kasat Reskrim AKP M. Ikang Ade dan Kapolsek SS lll Iptu Johan Syafri dan di dampingi Humas Polres OKU Timur Iptu Yuli membenarkan atas penangkapan tersebut dan setelah di interogasi pelaku Santoso mengaku hanya di perintahkan oleh Broto (DPO)
Warga Desa Karang Melati untuk mengambil paket senpi tersebut yang di kirim oleh Basuki(DPO) melalui angkutan umum Bus BSI di depan Mesjid dan mendapat upah dari pengambilan paket tersebut sebesar Rp 500.000.00(Lima Ratus Ribu Rupiah) per pucuknya, dan
Team Shadow Walet Polres OKU Timur akan terus melakukan upaya pengejaran terhadap pelaku sindikat jual beli senjata api lainnya yang ada di wilayah OKU Timur, terang Iptu Yuli. (Iwn)