Team TIGER’s Panen Pencuri Motor

Lahat, jurnalsumatra.com – Sebanyak 16 unit R2 dan 1 unit R4 berhasil diamankan oleh Team TIGER’s Polres Lahat dibawa Pimpinan AKP Herry Kusuma SH dari tangan 13 tersangka Curat, Curas, dan Curanmor 3 C.

Ke-16 unit R2 dan 1 unit R4 diamankan oleh jajaran Polisi Sektor (Polsek) Pulau Pinang ada 4 unit R2, Polsek Mulak 2 unit R2, Polsek Merapi Barat 2 unit R2, Polsekta Lahat 1 unit R2, dan sisa 5 unit R2 serta 1 unit R4 dengan Nopol BG 8353 ID merk Agya warna putih Team TIGER’s Polres Lahat.

“Dari tangan 13 orang tersangka yang sudah kita amankan barang bukti (BB) berupa Sepeda Motor (SPM) sebanyak 16 unit dan 1 unit kendaraan roda empat dengan Nopol BG 8353 ID merk Agya warna putih,” ungkap Kapolres Lahat AKBP Irwansyah SIK MH CLA, didampingi Waka Polres Lahat Kompol Budi Santoso S.Sos, Kasat Reskrim Polres Lahat AKP Herry Kusuma SH, Kanit Pidum IPDA Angga, dan PAUR Humas Polres AIPTU Liespono SH, dalam Press Confrence Senin (24/02/2020) dihalaman Polres Lahat.

Untuk para pelaku sendiri, ditegaskan Kapolres Lahat, masih ada beberapa diantaranya diamankan diempat Polsek yakni, Polsek Pulau Pinang, Polsek Merapi Barat, Polsek Mulak, dan Polsekta Lahat, sisanya diamankan di Polres Lahat.

“Untuk masing masing tersangka seperti pelaku 363 KUHPidana akan diancam hukuman maksimal 4 tahun. Sedangkan untuk pelaku Curanmor 365 KUHPidana dapat terancam 7 tahun kurungan penjara,” ujar Kapolres Lahat, dalam press confrence.

Belasan pelaku kriminal ini, diakui Irwansyah, satu tersangka sudah beberapa kali melakukan tindak kejahatan khususnya untuk kasus Pasal 363 KUHPidana tentang Pencurian dengan Pemberatan Sepeda Motor (SPM).

“Sudah berulang ulang kali melakukan aksi yang sama. Sehingga, bisa kita juluki tersangka tersebut, merupakan resedivis, karena, terjerat dengan kasus yang sama,” tutur Irwansyah secara lantang.

Terakhir dipesankan, Kapolres Lahat bagi warga Kabupaten Lahat agar kiranya dapat menambahkan kunci pengaman baik untuk R2 maupun R4 dan tidak sembarangan memarkirkan kendaraannya.

“Silakan bagi masyarakat yang merasa kendaraannya hilang, untuk datang ke Polres Lahat serta mengecek R2 maupun R4 dan membawa surat surat lengkap. Langsung koordinasi dengan bagian Pidana Umum (Pidum) Polres Lahat,” himbau Kapolres Lahat.

Salah satu tersangka, yang dibincangi wartawan mengaku, dirinya melakukan aksi tersebut karena untuk kebutuhan hidupnya sehari hari.

“Setelah dapat sasaran motor itu, kami jual. Lalu, uangnya untuk kebutuhan hidup saya pak, sisa mengajak teman minum. Uang habis saya beraksi dan mencari sasaran baru lagi,” ujar pelaku dengan nada terpata pata menahan rasa sakit bekas peluru anggota yang menembus kaki kanannya. (Din)