Tenaga Kesehatan Di Bangka Dilatih KHA

    Sungailiat, jurnalsumatra.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melatih tenaga kesehatan di daerah itu terkait konvensi hak anak (KHA).
“Pelatihan konvensi hak anak bagi tenaga-tenaga di fasilitas kesehatan di Kabupaten Bangka diberikan untuk persiapan kabupaten layak anak serta pemenuhan hak anak dalam segi kesehatan,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Harmendo di Sungailiat, Selasa.
Ia mengatakan salah satu persyaratan kabupaten layak anak adalah tersedianya sumber daya manusia KHA, penetapan kebijakan program kegiatan kemudian dilakukan pelatihan oleh Dinas Kesehatan bersama Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bangka.
Menurut dia, pelatihan ini untuk meningkatkan pemahaman petugas mengenai isu dan KHA hingga berkembangnya langkah strategis berdasarkan visi dan misi KHA.

     “Masalah anak menjadi perhatian sendiri mengingat belakangan banyak perlakuan tidak wajar terhadap anak seperti gizi buruk, eksploitasi anak, pedagangan manusia, kekerasan seksual dan lainnya, atas dasar itu dikeluarkan kebijakan untuk membangun hak anak yang disesuaikan dengan pembangunan daerah,” katanya.
Ia mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk integrasi dan komitmen pembangunan anak di Kabupaten Bangka yang terdiri atas pemerintah, dunia usaha, masyarakat dan media.
Upaya pemenuhan KHA juga dengan menyediakan rumah sakit layak anak serta pembekalan terhadap tenaga kesehatan serta pemenuhan fasilitas kesehatan layak anak, ujar Harmendo.(anjas)

Leave a Reply