Tercatat AKI 3 Orang dan AKB 1 Orang

Lahat, Sumsel, jurnalsumatra.com – Tercatat awal Agustus 2018 setidaknya kasus Angka kematian ibu (AKI) ada berjumlah 3 orang. Sedangkan untuk angka kematian bayi (AKB) berjumlah hanya 1 orang.

“Oleh sebab itu, semua jajaran bidan yang ada di Kabupaten Lahat, terus melakukan monitoring evaluasi guna memantau setiap harinya baik kasus AKB dan AKI tersebut, dan dapat menekan hal ini, ” ungkap Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Kabupaten Lahat, Hj Yetty Ruspiani SST, pada Senin (13/8/2018).

Selain menekan angka serendah rendah mungkin, kata Yetty Ruspiani, pihaknya juga melakukan pembinaan terhadap bidan, termasuk dalam menangani ibu hamil hingga melahirkan.

“Oleh karenanya, kita disini berperan aktif sebab sangat vital. Mulai, dari Kota hingga pelosok Desa. Dengan begitu, angka kematian mampu ditekan semaksimal mungkin. Kematangan organisasi dan berbagai pengalaman serta perkembangan, sebagai profesi bidan,” tambahnya.

Sementara, Wakil Bupati Lahat, Marwan Mansyur SH MM menyampaikan, profesi yang disandang ini, bersinggungan langsung kepentingan masyarakat.

“Mengunjungi ke desa, beberapa puskesmas masih kekurangan tenaga bidan di desa, koordinasi lintas sektoral ada sinkronisasi, tidak ada lagi keluhan dari pelayanan bidan,” jelas Marwan.

Yang terpenting, sambung Marwan, Bidan yang ada di Lahat dapat memperhatikan, sehingga pelayanan ibu hamil, melahirkan dan perawatan anak dapat termonitoring.

“Dengan cara pengabdian selama ini, diharapkan agar terus dapat ditingkat. Tupoksi ditingkat desa hingga ke ujung desa sulit untuk menjangkau, apabila dijalankan dengan ikhlas Insya Allah akan ada jalannya, ” pesan Marwan.(Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − six =