Thomas Rebut Kemenangan Etape Dan Kaus Kuning

   La Rosiere, Prancis, jurnalsuamtra.com – Pebalap sepeda Geraint Thomas merebut kemenangan etape dan kaus kuning pemimpin klasemen pebalap pada Tour de France, Rabu, setelah dengan kuat menaiki tanjakan terakhir dari rute sejauh 108km dari Albertville hingga La Rosiere.
Pebalap  Team Sky  Thomas, yang memenangi Criterium du Dauphine bulan lalu, melesat menjelang akhir etape ke-11. Juara Giro 2017 Tom Dumoulin meraih posisi kedua, tertinggal 20 detik di belakang Thomas dan tepat di depan rekan setim Team Sky dia dan juara bertahan Chris Froome.
Di antara para penantang balapan tersebut, pebalap Prancis Romain Bardet, pebalap Italia Vincenzo Nibali, dan pebalap Kolombia Nairo Quintana, melintasi garis finis 59 detik di belakang Thomas.

    Pebalap sepeda asal Wales itu melepaskan diri dari kelompok pebalap saat tersisa sembilan kilometer dari tanjakan sejauh 17,6km dengan rata-rata tinggi tanjakan 5,8 persen menuju La Rosiere, dan melewati Dumoulin, yang melepaskan diri lebih dulu.
Pebalap sepeda asal Belanda itu tidak mampu mengimbangi kecepatan Thomas, yang juga bisa melewati pebalap Spanyol Mikel Nieve.
“Saya merasa baik hari ini, saya mengikuti naluri saya,” kata Thomas, yang kini mengungguli Froome dengan selisih satu menit 25 detik dan peringkat ketiga Dumoulin dengan 1:44.
Beberapa pebalap lainnya mengalami kekalahan besar. Pebalap Spanyol Alejandro Valverde, yang melepaskan diri pada tanjakan terakhir, mencapai finis terpaut 3:30, pebalap Britania Raya Adam Yates melintasi garis finis dengan selisih 4:42.
Peringkat kedua tahun lalu Rigoberto Uran finis 26:07, memupus semua peluang yang dia punya untuk meraih podium.
Etape ke-12 yang akan digelar pada Selasa kemungkinan akan menjadi pertarungan para pebalap favorit untuk merebut kaus kuning lagi, dengan finis di puncak Alpe d’Huez.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 3 =