THR ASN Banjarbaru Rp15,7 Miliar

     Banjarbaru, jurnalsumatra.com – Besaran Tunjangan Hari Raya (THR) yang sudah dibayar Pemerintah Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) di pemerintahan setempat mencapai Rp15,7 miliar.
Wali Kota Banjarbaru, Nadjmi Adhani di Banjarbaru, Kamis, mengatakan, pihaknya sudah membayar tunjangan diluar gaji bulanan bagi setiap ASN itu.
“THR itu besarannya berbeda-beda antara satu dengan lain tergantung golongan dan masa kerja,” ujarnya.
Ia menambahkan komponen THR yang dibayar kepada ASN lingkup Pemkot Banjarbaru itu meliputi gaji pokok dan tunjangan daerah sesuai arahan dari pemerintah pusat.
Dia menjelaskan, anggaran yang dipakai untuk membayar THR ribuan ASN berasal dari dana APBD murni tahun 2018 yang memang sudah dialokasikan sebelumnya untuk keperluan tersebut.
“Bbegitu pemerintah mengumumkan pembayaran THR maka langsung dibayar,” ucapnya.

     Menurut dia, meski pun anggaran sudah dialokasikan tetapi pencairannya tetap mempengaruhi APBD karena dana yang keluar juga meliputi komponen tunjangan daerah.
“Anggaran yang dialokasikan dalam APBD hanya untuk THR tidak termasuk tunjangan daerah, tetapi karena sesuai arahan pusat termasuk tunjangan daerah sehingga dana tersedot,” ungkapnya.
Ia mengatakan tersedotnya anggaran itu tidak memengaruhi kas daerah karena dananya akan ditambah melalui APBD perubahan yang diperkirakan terealisasi Oktober 2018.
“Seluruh dana yang terpakai akan ditambah melalui APBD perubahan dan tentu memengaruhi program-program yang sudah disiapkan seluruh SKPD menjelang akhir tahun,” ujarnya.
Dia menambahkan pihaknya meminta SKPD untuk menetapkan skala prioritas dalam melaksanakan program menjelang akhir tahun yang pendanaannya berasal dari APBD perubahan itu.
“Kami sudah menyampaikan kepada kepala SKPD menentukan skala prioritas dalam APBD perubahan nanti karena tersedotnya anggaran untuk membayar THR itu,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 − seven =