Tiga Napi Lapas Cirebon Langsung Bebas

     Cirebon, jurnalsumatra.com – Sebanyak tiga narapidana dari 614 orang penerima remisi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Cirebon, Jawa Barat, langsung bebas pada HUT ke-73 Kemerdekaan RI.
“Ada tiga orang yang langsung bebas setelah mendapatkan remisi umum ini,” kata Kepala Lapas Kelas 1 Cirebon, Agus Irianto di Cirebon, Jumat.
Menurut Agus, dari 844 orang penghuni lapas, hanya 614 narapidana yang diajukan mendapatkan remisi umum.
Mereka yang mendapatkan remisi umum itu yakni 70 orang mendapatkan remisi enam bulan, 163 orang mendapat lima bulan, 142 orang mendapatkan empat bulan, 134 orang tiga bulan, 73 orang dua bulan dan 32 orang mendapatkan remisi satu bulan.

“Dari jumlah tersebut ada tiga orang yang langsung bebas dan 10 orang harus menjalani subsider atau kurungan,” ujarnya.
Agus mengatakan dari jumlah keseluruhan penghuni 844 orang narapidana ada 230 orang atau sisanya yang tidak mendapatkan remisi karena berbagai faktor.
Seperti halnya kasus tindak pidana korupsi, terdapat 35 orang narapidana yang tidak mendapatkan remisi, kemudian kasus terorisme tiga orang dan juga 95 orang kasus narkotika.
“Karena tiga kasus itu harus memenuhi syarat yang ditentukan dan mereka belum memenuhinya,” tuturnya.
Sementara sisanya yang tidak mendapatkan remisi umum karena menjadi terpidana mati sebanyak 11 orang, terpidana seumur hidup 56 orang dan ada juga yang menjalani pidana denda sebanyak 30 orang.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + 9 =