Tiga PNS Nunukan Terjangkit HIV

     Nunukan, jurnalsumatra.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan, Kaltara menyatakan, tiga pegawai negeri sipil (PNS) di daerahnya terjangkit virus HIV sesuai hasil pemeriksaan selama 2018.
Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan, Sabaruddin, di Nunukan, Senin.
Ia mengemukakan, ketiga PNS yang terdeteksi itu berjenis kelamin perempuan dan laki-laki. Bahkan ada diantara PNS tersebut bekerja di bagian kesehatan.
Ketiga PNS yang terdeteksi terjangkit HIV telah diberikan penanganan rutin oleh Dinas Kesehatan di daerah itu sesuai anjuran Kementerian Kesehatan RI.

Sabaruddin mengatakan, penderita HIV di Kabupaten Nunukan dominan disebabkan hubungan seksual.
Namun, kata dia, PNS yang bersangkutan kemungkinan berawal dari pasangannya yang menderita penyakit yang dapat mematikan itu.
Sedangkan pegawai kesehatan yang terjangkit penyakit tersebut kemungkinan disebabkan saat menangani penderita HIV yang tidak menggunakan pelindung.
“Bisa saja virus HIV yang terjangkit sama PNS kesehatan ini karena pernah menangani penderita HIV sebelumnya,” ujar Sabaruddin.
Meskipun demikian, Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan terus memantau perkembangan PNS yang terjangkit virus HIV dengan memberikan obat secara berkesinambungan.
Tujuannya agar penyakit yang dialaminya tidak sampai pada kategori AIDS.  (anjas)

Leave a Reply