Tiga SD Barito Utara Tak Laksanakan UN

     Muara Teweh,jurnalsumatra.com – Tiga dari 184 Sekolah Dasar di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah tidak akan melaksanakan ujian nasional atau ujian sekolah berbasis naisonal tahun ajaran 2017/2018 karena tidak ada murid kelas enam.
“Tiga SD tidak melaksanakan UN atau USBN karena tidak ada murid kelas VI,” kata Kepala Dinas Pendidikan Barito Utara Masdulhaq di Muara Teweh, Rabu.
Menurut Masdulhaq, SD yang tidak melaksanakan UN tahun ini  yakni SDN-2 Hurung Enep Kecamatan Lahei, SDN-3 Lemo I Kecamatan Teweh Tengah dan Madrasyah Ibtidayah Swasta Babussalam
“Karena tidak ada murid kelas akhir atau kelas VI maka tiga sekolah itu  tahun ini tidak melaksanakan UN,” katanya.

Masdulhaq mengatakan Kegiatan UN yang akan diikuti 2.845  murid di kabupaten pedalaman Sungai Barito tahun ini tersebar di 181 sekolah baik dalam kota Muara Teweh maupun sembilan kecamatan lainnya.
Ribuan murid peserta UN tersebut terdiri atas SD sebanyak 2.543 orang, MI 294 murid dan SD Luar Biasa ada delapan murid.
“Kami siap menyelenggarakan UN pada 3-5 Mei 2018, naskah soal sudah didistribusikan ke sejumlah sekolah di kota dan kecamatan sejak Senin (30/4),” katanya.
Dia mengatakan dalam pembuatan soal UN dengan formasi disusun oleh Kementerian Pendidikan dan kebudayaan sekitar 25 persen dan pihak Kelompok Kerja Guru (KKG) Dinas Pendidikan Kabupaten mencapai 75 persen.
Pihaknya telah melakukan sosialisasi yang diikuti seluruh sekolah di daerah ini dalam mempersiapkan dalam rangka menghadapi pelaksanaan USBN, maupun ujian akhir sekolah (UAS) tingkat SD maupun MI.
“Kami harapkan pelaksanaan USBN di daerah ini berjalan lancar dan semua murid yang mengikuti ujian lulus semua,” ujar Masdulhaq.(anjas)

Leave a Reply