Tiga Sekolah Unggulan Kembali Buka PPDB


Palembang, jurnalsumatra.com – Tiga SMA Unggulan di Palembang yakni SMAN 17, SMAN 1 dan SMAN Sumsel kembali membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019/2020 pada 21 Januari 2019.

Kepala Bidang SMA Dinas Pendidikan Sumsel Bonny Syafrian mengatakan,  tahun ini siswa tes langsung keluar nilainya. Untuk persentase nilainya yakni 40 persen nilai rapor dan 60 nilai tes. Pihaknya memastikan tidak ada proses kecurangan dan KKN di PPDB sistem ini. Pasalnya, proses seleksi menggunakan kompurer yang kemudian peserta bisa melihat nilainya sendiri.

“Khusus program cambridge, SMAN 17, SMAN 1 dan SMAN Sumsel kembali membuka. Program ini program unggulan bagi siapapun yang diterima sesuai standar nilai,” ujarnya.

Bonny menjelaskan,  untuk SMAN 17 Palembang yang dua kali tes khusus cambridge yakni 100 peraih nilai tertinggi tes kemudian di tes lagi sampai angka 60 siswa. Namun di SMAN 1 Palembang satu kali tes langsung diambil nilai teratas.

Khusus SMAN Sumsel, Bonny menerangkan, kuota tetap sama sebanyak 100 dan khusus SMAN Sumsel adalah bagi siswa yang cerdas dan dari kalangan prasejahtera.

Kepala SMAN 1 Palembang Nasrul Bani mengatakan bahwa saat ini peserta sudah mulai mendaftar. Untuk jumlah pendaftar mencapai 1.100 pendaftar. “Kuota kita ada 400 dan 23 jalur PMPA.  Sedangkan total ada 13 rombel,” pungkasnya. (Yanti)

Leave a Reply