Tiga Tahun Buron Akhirnya Terbekuk

Muba,Sumsel, jurnalsumatra.com Setelah tiga tahun buron, dua dari lima tersangka kasus curas yang mengakibatkan korban meninggal dunia berhasil diamankan Unit Reskrim Polsek Sungai Keruh, resor Polres Musi Banyuasin, Kamis (29/11/2018).

Peristiwa berdarah itu terjadi Minggu (12/4/2015) lalu, sekira pukul 04.00 Wib, dirumah/salon milik korban Aswandi warga dusun II Desa Jirak, Kecamatan Jirak Jaya Muba. Yang mana para tersangka telah berencana untuk merampok uang milik korban sebanyak Rp 40.000.000,- yang diduga dari hasil mendapatkan arisan.

Sementara dari hasil introgasi polisi terhadap tersangka, kronologis bermula tersangka Tio Aidil (18), M Pamungkas Prasetya Bayu Aji (23), RMD (DPO), YL (DPO) SP DPO datang ke salon korban untuk menginap, supaya mudah melancarkan aksi. Subuhnya sekitar pukul 04.00 Wib saat korban sedang tertidur lelap, masuklah Y, Aji dan Tio bersama sama kedalam kamar korban dan mencekik lehernya dengan tali plastic, melihat korban meronta-ronta, lalu tsk Y langsung menusuk korban dengan pisau dibagian perut hingga tembus kebagian belakang, akhirnya korban menghembuskan nafas terakhir.

Kemudian tersangka merusak lemari kaca untuk mengambil uang sebanyak 40 juta tadi, namun yang tersimpan didalam tas koper hanya sebanyak Rp 1.700.000. Kemudian para tersangka pergi meninggalkan korban dan bertemu didanau Kongar untuk berbagi uang hasil rampokan, yang mana tersangka Tio mendapatkan Rp 50.000,- tsk P Rp 25.000,- sedangkan sisa uang dipegang tsk Aji untuk dibelikan Narkoba lalu dihisapnya bersama tsk Y dan M, uang juga digunakan untuk ongkos melarikan diri ke Lampung.

Setelah lama menghilang dari kejaran polisi akhirnya tsk Tio Aidil lebih duluh tertangkap karena kasus jambret diwilaya hukum polsek Talang Ubi Rabu (21/11/2018), dari hasil dintrogasi unit reskrim polsek Talang Ubi ternyata tsk pernah melakukan kasus pembunuhan tahun 2015 diwilkum Polsek Sungai Keruh.

Kapolsek Talang Ubi pun langsung  berkoordinasi dengan Kapolsek Sungai Keruh, alhasil tsk dibawa guna pengembangan tsk lainnya. Dari nyanyian tsk Tio Aidil itulah Unit Reskrim Polsek Sungai Keruh, Kamis (29/11/2018) siang langsung bergerak cepat kesimpang badara Kelurahan Handayani Mulya Kecamatan Talang Ubi Kabupaten  Pali dan melakukan penagkapan terhadap M Pamungkas Prasetyo.

“Kedua tersangka sudah kita amankan sedangkan ketiga pelaku lainnya masih terus dalam pengejaran kita dilapangan dan barang bukti sudah kita amankan guna proses penyidikan dan pengembangan selanjutnya. Pasal yang akan dikenakan 365 ayat (3) ayat (4) KUHP,” Kata Kapolres Muba AKBP Andes Purwanti SE,MM melalui Kapolsek Sungai Keruh IPTU Adhe SH saat dikonfirmasi melalui via hendpone. (Rafik Elyas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − thirteen =