Tiga Universitas Indonesia-Jepang Kerja Sama Pertanian Berkelanjutan

Bogor, jurnalsumatra.com – Tiga universitas di Indonesia dan tiga universitas di Jepang menjalin kerja sama dengan mengusung tema “Sustainable Agriculture” yaitu pertanian yang berkelanjutan, dalam bidang pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.
Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakar (LPPM) IPB University Dr Ir Aji Hermawan di Bogor, Jawa Barat, Sabtu menyebutkan bahwa tiga universitas dari Indonesia itu adalah Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, dan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sulawesi Selatan.
Sedangkan tiga univertas dari Jepang yang terlibat dalam kerja sama itu adalah Kagawa University, Ehime University dan Kochi University.
Kerja sama universitas kedua negara yang dikenal dengan “SUIJI-Service Learning Program (SUIJI-SLP) ituĀ  salah satunya dalam bentukĀ  mengajak mahasiswa untuk belajar bersama masyarakat.
Bentuknya adalah melalui kegiatan melihat, mendengar dan merasakan secara langsung kehidupan masyarakat.
Khusus di lingkup IPB, katanya, kegiatan yang akan berlangsung pada 22 Februari hingga 19 Maret 2019 akan dipusatkan di Desa Neglasari dan Desa Sukawening, Kabupaten Bogor dan Kelurahan Situgede dan Kelurahan Bubulak di Kota Bogor.
Sebelum diterjunkan, kata dia, para mahasiswa itu adakan mendapat pembekalan tematik pada 14-16 Februari.
Setelah berhasilnya program SUIJI-SLP Tahun 2018, maka pihaknya mengajak mahasiswa IPB untuk dapat turut serta dalam kegiatan SUIJI-SLP Indonesia Tahun 2019.(anjas)

Leave a Reply