Tim Gabungan Razia Pedagang Petasan

Lahat, Sumsel, jurnalsumatra.com – Lantaran dinilai banyak membuat petaka, ditengah tengah masyarakat bising suara petasan, terutama dibulan suci Romadhon tahun ini. Membuat tim gabungan Polres Lahat, Denpom Lahat, dan Polisi Pamong Praja (Pol-PP) Pemda Lahat, menggambil langkah sigap dengan melakukan razia.

Pemeriksaan terhadap semua pedagang petasan tersebut, digelar Rabu (23/5/2018), kemarin. Tim Gabungan ini, secara langsung memeriksa semua pedagang petasan yang berada di Jl Mayor Ruslan I, II, dan III, dalam Kota Lahat.

Razia tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Lahat, AKBP Robi Karya Adi SIK melalui Kabag Ops Polres Lahat, Kompol Jossy Adrianto SST MM.

Menurut Jossy, sejak puasa, pihaknya telah meningkatkan pengamanan termasuk razia petasan.

“Dan hasilnya cukup banyak yang berhasil kita amankan untuk jenis-jenis petasan ini. Nanti pun kita akan melakukan tindakan intensif sekaligus penindakan,” ungkapnya, disels sela razia saat dibincangi wartawan,  Rabu (23/5/2018).

Ia menjelaskan, terakhir tim patroli Polres Lahat menyita petasan dari berbagai merek yang sangat meresahkan warga dalam beribadah. Bahkan Disetiap patroli, pihak Polres akan terus menyisir para pedagang petasan di Kota Lahat. Jika ditemukan pedagang memperdagangkan petasan, makan akan disita dan selanjutnya dimusnahkan.

“Kita sudah menyita berbagai merek mercon jenis cabai rawit yang suaranya sangat meresahkan warga dalam menjalankan ibadah. Dan setiap patroli kita lakukan cek dan recek pada para pedagang di pasar di Kota Lahat, kalau ketahuan jual petasan kita sita dan kita musnahkan, ” tambahnya.

Petasan atau mercon dilarang untuk diperjual belikan. Dan, pedagang hanya diizinkan atau diperbolehkan untuk menjual kembang api, itupun ukurannya punya batasan.

“Razia ini, untuk mengantisipasi hal hal yang tidak kita inginkan. Selain itu, untuk memberikan rasa nyaman bagi semua umat muslim dalam menjalankan sholat tarawi. Karena semua pedagang hanya diperbolehkan menjual kembang api, bukan petasan atau mercon, ” pesan Jossy. (Din)

Leave a Reply