Tim Gabungan Semprot 17 Titik Lokasi

Lahat, jurnalsumatra.com – Untuk mencegah penyebaran vurus korona atau Covid 19, Pemerintahan Daerah (Pemkab) Kabupaten Lahat, mengerahkan Tim Gabungan yang terdiri dari TNI, Polri dan unsur Tripika.

Sedangkan, untuk delapan lokasi yang dijadwalkan yang bakal disemprot digerakkan mulai hari ini, Kamis (26/03/2020) sampai tanggal (28/03/2020) di 17 titik lokasi penyemprotan.

Untuk pantauan dilapangan, terlihat Tim Gabungan yang berseragam lengkap dari TNI, POLRI, LINMAS, SATPOL PP, DAMKAR, DISHUB, Dinas Kesehatan, RSUD Lahat, AnggotA DPRD Komisi IV Lahat, turut serta juga dalam aksi dari pihak Bank.

Kegiatan percepatan penanganan penyebaran Virus Corona merupakan bentuk keseriusan Pemkab Lahat dalam memberikan rasa aman pada masyarakat Bumi Seganti Setungguan.Terbagi delapan tim gabungan yang bakal melakukan penyemprotan cairan pembunuh virus. Tim satu bertugas untuk melakukan penyemprotan di perkantoran Pemkab Lahat.

Lalu, disusul Tim dua ditugaskan di Rumah dinas (Rumdin, red) Bupati Lahat, Rumdin Wakil Bupati Lahat dan Rumdin Sekda Lahat. Tim tiga di Rumdin Kapolres Lahat, kantor Kejaksaan Lahat dan kantor Pengadilan Negeri dan kantor Kependudukan catatan sipil.

Tim empat bakal melakukan penyemprotan di kantor PUPR dan PUCK. Tim lima di Kantor Polres Lahat, tim enam SD Model Lahat dan kantor Kodim 0405/Lahat sementara tim tujuh di kantor PLN dan Masjid serta tim delapan di Citimall Lahat juga terminal lembayung Lahat.

Wakil Bupati Lahat H Hariyanto SE.MM, MBA dibincangi, menjelaskan percepatan penangulangan Covid 19 dimaksudkan untuk menjaga Kabupaten lahat serta warga di Bumi Seganti Setungguan terbebas dari penyebaeab virus Corona.

“Ada belasan lokasi yang kita lakukan penyemprotan disenfektan hari ini, tujuannya adalah memberikan rasa nyaman kemasyarakat. Ini merupakan langkah dan bentuk kewaspadaan kita dalam menjaga Lahat agar bersih dan sehat,”ujarnya.

Diungkapkannya, penyemprotan yang dilakukan tim penanggulangan penyebaran Virus Corona ini bakal dijadwalkan selama tiga hari. Selanjutnya, Wabup meminta kepada warga dan unsur terkait agar sama-sama mematuhi anjuran dari pemerintah baik dari pusat, provinsi dan daerah.

“Mari kita ciptakan suasana yang nyaman dan mari kita jaga kebersihan dimulai dari sendiri, keluarga dan lingkungan. Tetap patuhi anjuran dari pemerintah, agar kita sama-sama nyaman,” tambah Wabup Lahat.

Oleh karenanya, diuraikan H Haryanto, Pemkab Lahat mengimbau agar kiranya pengguna media sosial baik Facebook, Instagram, Twitter dan sebagainya agar jangan memperkeruh suasana. Dituturkannya, pihak Pemkab Lahat bakal berupaya samksimal mungkin untuk mejaga warga dan wilayah di Lahat terbebas dari penyebaran bahaya virus asal Provinsi Wuhan Cina.

“Tolong hindari informasi yang belum jelas, jangan menginformasikan ke masyarakat yang nantinya bakal membuat semuanya jadi panik. Kami bersama unsur terkait bakal berupaya dan memberikan yang terbaik untuk Lahat dan warga yang kita sayangi,” pesan Wabup Lahat.

Sementara, kepala bidamg (Kabid) Heman, Sarana Prasarana Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Lahat dikonfirmasi membenarkan bahwa penyemprotan akan dilakukan sejak tanggal 26 -28 Maret 2020 secara massal Desinsfektan dalam rangka pengendalian terhadap penyebaran covid 19.

“Dimuali halaman Pemkab Lahat, dinas lingkungan sekolahan.  Bahan Desinsfektan disediakan oleh Dinkes Lahat alat semprot dari dinas terkait. Insya Allah, dari Dinas Pertanian menyiapkan 50 buah Hand Sprayer dan 1 unit steam motor dan 2 drum 200 liter dikondisikan mobil carry picup, semua ini demi untuk keselamatan bersama agar Lahat “Bercahaya”, tukasnya. (Din)