Tim Gabungan Temukan Makanan Kedaluwarsa Di Pasaman Barat

Simpang Empat, Sumbar, jurnalsumatra.com – Tim gabungan Dinas Pangan, Satuan Polisi Pamong Praja, serta Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat menemukan produk makanan kedaluwarsa dalam razia di sejumlah toko dan swalayan di daerah itu.

  “Seluruh makanan kedaluwarsa itu diamankan dan dipisahkan mengantisipasi gangguan kesehatan konsumen,” kata Sekretaris Dinas Pangan Kabupaten Pasaman Barat Harri Persada di Simpang Empat, Rabu.

  Dalam razia itu, petugas berhasil menemukan sejumlah produk makanan dan minuman dalam kemasan yang sudah kedaluwarsa, namun masih diperjualbelikan di sejumlah tempat tersebut.

  Ia mengatakan bahwa razia dimulai dengan menyasar sejumlah pedagang grosir di Pasar Simpang Empat. Di pasar tersebut, petugas meminta pedagang menyimpan barang dagangannya di tempat yang aman dan steril sehingga tidak merusak kualitasnya.

  Saat memasuki sejumlah swalayan, petugas menemukan sejumlah produk minuman dan makanan kemasan kedaluwarsa yang masih dipajang di rak-rak swalayan.

  “Makanan kemasan yang ditemukan berupa roti, minuman susu kemasan dan selai. Bahkan, beberapa di antara makanan itu sudah kedaluwarsa sejak satu tahun belakangan,” kata dia.

  Dia menjelaskan pengawasan pangan itu dilakukan tim gabungan dengan didampingi pihak Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Padang.

  Selain pangan dalam kemasan, tim juga menyasar pangan segar yang dijual di pasar atau sejumlah warung.

  Ia menjelaskan bahwa khusus untuk pangan segar, tim belum menemukan unsur membahayakan atas barang tersebut.

  Setelah mengambil sampel di sejumlah pasar dan diperiksa oleh tim BPOM, dinyatakan bahwa pangan segar tersebut masih aman.

  Setelah dikumpulkan, seluruh makanan kedaluwarsa tersebut dipisahkan oleh petugas dan dibubuhi tanda khusus sehingga tidak bisa diperjualbelikan lagi.

  Petugas tidak memusnahkan temuan tersebut karena pemilik toko mengaku barang tersebut masih bisa ditukar kembali kepada pihak agen.(anjas)