Tim SAR Temukan Satu Nelayan Hilang Di Laut Sarmi

Jayapura, jurnalsumatra.com – Tim penyelamat dari Basarnas Pos SAR Sarmi dibantu personel Polisi Air dan Udara Polres Sarmi, nelayan serta masyarakat setempat menemukan nelayan asal Sarmi atas nama Askar (24) yang dilaporkan hilang, Sabtu (8/2) pagi.

  Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jayapura, Zainul Thahar ketika dikonfirmasi di Jayapura, Senin mengemukakan pencarian nelayan asal Sarmi yang perahunya terbalik dihantam ombak pada Sabtu (8/2) lalu akhirnya membuahkan hasil.

  Setelah tiga hari melakukan pencarian di laut dan sepanjang pantai, kata dia, Tim SAR gabungan akhirnya menemukan korban Askar, namun sudah dalam keaadaan meninggal dunia.

  Sebelumnya, dua nelayan asal Sarmi atas nama Askar (24) dan Yoga (18) dilaporkan hilang oleh pihak keluarga saat melaut.

  Mereka hilang akibat perahu yang digunakan saat melaut dihantam ombak di utara laut Sarmi pada Sabtu (8/1) pukul 10 pagi.

  “Setelah mendapat laporan dari pihak keluarga korban, kami langsung menggerakkan tim rescue untuk melalukan pencarian,” kata Zainul

  Korban Askar (24) ditemukan di pesisir Pantai Kampung Webro Sarmi pada Senin pukul 3:00 dini hari tidak jauh dari bibir pantai dalam kondisi meninggal.

  Sementara, korban atas nama Yoga (18) lebih dahulu ditemukan tim SAR pada Sabtu lalu dalam keadaan selamat.

  “Rencana awal operasi akan dilakukan sampai pukul 18.00 petang, namun atas permintaan keluarga korban dan semangat Tim SAR gabungan akhirnya pencarian kami lanjutkan hingga pagi,” katanya.

  Pada pencarian malam hingga dini hari itu lima personrl Basarnas dibantu dari lima personrl Polairud Polres Sarmi, dua anggota TNI AL, masyarakat dan keluarga korban melakukan pencarian di sekitar pesisir pantai kampung Niwerawar hingga pesisir Kampung Arbais dan korban yg bernama Yoga di temukan di Pantai Kampung Webro.

  Selanjutnya, ujar dia, korban dievakuasi dan langsung dibawa ke Puskesmas Sarmi untuk kemudian diserahkan ke pihak keluarga.(anjas)