TIMGAB Tertibkan TI Di Tambang 23 Bangka

     Sungailiat, jurnalsumatra.com – Tim gabungan dari Kepolisian Resor Bangka dan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menertibkan tambang inkonvensional di kawasan Tambang 23 Surya Timur, Kecamatan Sungailiat.
“Penertiban dilakukan berdasarkan laporan warga yang resah dengan aktivitas penambang yang dikhawatirkan akan merusak fasilitas umum,” kata Wakapolres Bangka, Kompol Raja Dewa di Sungailiat, Rabu.
Di lokasi ditemukan 12 unit ponton rajuk beserta peralatan yang tidak beroperasi dengan penambang rata-rata warga di lingkungan setempat.
Aktivitas tambang dipastikan ilegal atau tanpa izin. Selain itu kawasan yang digarap juga merupakan lahan sengketa sehingga aktivitas penambangan harus benar-benar dihentikan.

“Perihal lokasi tambang agar tidak terjadi konflik harus diselesaikan di tingkat kelurahan. Penambang kita berikan waktu untuk membongkar peralatannya dan jika tidak dilakukan maka akan dibongkar paksa,” katanya.
Selain kawasan Tambang 23, tim gabungan juga menertibkan tambang yang berlokasi di depan Kantor Pelabuhan Perikanan Nusantara, dimana petugas juga menemukan penambang yang sedang membongkar peralatan menambangnya.
Wakapolres menambahkan bahwa pihaknya tidak melarang warga menambang selama lokasi dan aktivitas penambangannya memiliki izin yang lengkap dari instansi terkait.
“Kami imbau warga bisa memahaminya. Kita akan tindak tegas jika membandel apalagi sampai merusak fasilitas umum,” kata Raja Dewa.(anjas)

Leave a Reply