Tingkat Partisipasi Pilkades Serentak 2019 Di Magetan Tinggi

Magetan, jurnalsumatra.com – Bupati Magetan Suprawoto menyatakan tingkat partisipasi warga Kabupaten Magetan dalam mengikuti pemilihan kepala desa (pilkades) serentak tahun 2019 di desa yang menggelar tergolong cukup tinggi jika dibandingkan dengan pemilihan presiden, pemilu legislatif, ataupun pilkada.

  “Saya yakin antusiasme warga untuk memilih di desa yang menggelar pilkades sangat luar biasa. Hal itu karena antara pemilih dan yang dipilih memiliki ikatan atau hubungan emosional,” ujar Bupati Suprawoto saat meninjau kegiatan Pilkades Serentak 2019 di beberapa desa yang menggelar, Rabu.

  Menurut dia, berdasarkan laporan dari panitia pilkades, tingkat partisipasi warga desa dalam menyalurkan hak pilihnya mencapai kisaran 80 hingga 80 persen.

  “Di desa yang saya tinjau tadi misalnya, tingkat partisipasi sebelum pukul 13.00 WIB sudah mencapai 84 persen,” kata Bupati. Namun dia tidak menyebutkan tingkat partisipasi pemilih pada pemilihan presiden, pemilu legislatif, ataupun pilkada.

  Ia mengatakan, tingkat partisipasi pilkades berbeda dengan pilkada, pemilihan presiden, ataupun legslatif, karena ada ikatan emosional antara pemilih dan yang dipilih.

  Bupati Magetan menilai secara umum Pilkades Serentak 2019 di Magetan berjalan lancar. Baik pilkades yang secara fmencoblos secara manual atau dengan sistem “electronic voting” (e-voting).

  Bupati mengucapkan terima kasih kepada semua panitia dan pihak-pihak yang terlibat sehingga gelaran Pilkades Serentak 2019 di Kabupaten Magetan berjalan lancar, aman, dan kondusif.

  Seperti diketahui, jumlah desa yang akan menggelar pilkades serentak di Magetan pada tahun 2019 mencapai 184 desa. Dari jumlah itu, ada sebanyak 18 desa yang akan menggelar pilkades serentak dengan sistem e-voting. Adapun pemungutan suara pilkades serentak Magetan berlangsung pada 27 November 2019.

  Dalam pelaksanaan pilkades, Pemkab Magetan melakukan pemantauan dengan dibagi dalam dua tim. Tim pertama dipimpin oleh Bupati Magetan Suprawoto. Sedangkan tim kedua dipimpin oleh Wakil Bupati Magetan Nanik Endang Rusminiarti.

  Pemantaun dilakukan dengan didampingi oleh Sekda Magetan serta perwakilan anggota Forkopimda Kabupaten Magetan.(anjas)