Tingkatkan Sinergitas, Gelar Apel Konsolidasi 3 Pilar

Kayuagung, jurnalsumatra.com – Ratusan orang berasal dari 18 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan, dengan berseragam lengkapnya masing – masing, ‘Geradak’ kantor Kepolisian setempat, Kamis (20/12/2018) Pagi.

Kedatangan mereka terdiri dari anggota babinsa, Bhabinkamtibmas, Kades, lurah, Camat serta Instansi terkait ini bukan tak beralasan. Tetapi karena ingin menghadiri acara Apel Konsolidasi kekuatan 3 Pilar Kamtibmas dihalaman kantor tersebut.

Bertempat dihalaman markas kepolisian resor (Mapolres) Ogan Komering Ilir (OKI), AKBP Donni Eka Syaputra, SH.,S.Ik.,MM selaku Kapolres OKI mengapresiasi atas kesediaan para komponen 3 pilar dapat hadir mengikuti apel bersama yang dilaksanakan.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan sinergitas diantara kita semua guna menghadapi tantangan tugas dan dinamika perkembangan situasi Kamtibmas diwilayah tugas kita masing – masing,”Kata Kapolres OKI dalam sambutannya.

Penyelenggaraan apel ini perlu, Katanya lagi, Bukan hanya sebagai kegiatan seremonial belaka, Akan tetapi merupakan kesiapan dan langkah awal untuk bersinerginya 3 pilar Kamtibmas dalam mengantisipasi serta menanggulangi permasalahan sosial yang ada dilapangan.

“Guna membangun dan menciptakan situasi Kamtibmas yang aman kondusif serta dalam rangka memberikan rasa aman kepada masyarakat, yang pada akhirnya proses pembangunan daerah dapat berjalan dengan baik, lancar dan berkesinambungan,”ujarnya.

Masih katanya, Seperti kita rasakan bersama bahwa perkembangan dinamika situasi lingkungan akhir – akhir ini begitu banyak berkembang, mulai dari gangguan Kamtibmas dan menyebarnya Issue Politik yang tidak sehat ditengah masyarakat.

“Selain itu pula, adanya Issue menyangkut paham radikalisme, terorisme dan Intoleransi yang dapat menimbulkan berbagai potensi mempengaruhi stabilitas keamanan dalam negeri secara umum dan khususnya Kabupaten OKI,”tandasnya.

Tak hanya hal diatas, Lanjutnya, Di Era globalisasi dan modernisasi dewasa ini. Berbagai kecanggihan teknologi informasi juga merupakan sebuah permasalahan baru, Karena dianggap sebagai media yang paling cepat untuk menyebarkan Issue – Issue negatif yang dengan cepat pula Issue tersebut sampai ke masyarakat.

“Akibatnya, tidak menutup kemungkinan akan berdampak terjadi benturan atau gesekan hingga akhirnya terjadi perpecahan diantara masyarakat. Oleh sebab itu, Disinilah peran aktif semua pihak dalam menetralisir dan meminimalisir berkembangnya Issue – Issue negatif tersebut,”Imbuhnya.

Makanya diharapkan, Dilanjutkannya lagi, Komponen 3 pilar Kamtibmas untuk dapat memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat agar bijak serta cerdas dalam menggunakan media sosial. Terlebih lagi kedepan tugas berat menanti kita yaitu bangsa Indonesia akan melaksanakan pesta demokrasi Pemilu 2019.

“Dan menjadi tugas kita untuk mengeliminir potensi – potensi diprediksi akan hadir pada setiap tahapan pemilu yang sedang berlangsung saat ini.  juga tanggung jawab kita bersama meniadakan segala bentuk gangguan Kamtibmas dalam proses tersebut,”pungkasnya.(ata)

Leave a Reply