Tinjau Jalan Longsor, Wagub Sumsel Minta Jalan Segera Diperbaiki

INDRALAYA, jurnalsumatra.com- Jalan Penghubung yang merupakan Jalan Provinsi yang berada di Desa Ulak Kembahang Kecamatan Lubuk Keliat Kabupaten Ogan Ilir (OI) bahkan menghubungkan antar Kabupaten longsor dan amblas, akibatnya Badan jalan tersebut nyaris putus hanya tertinggal setengah meter.


Longsornya jalan Provinsi tersebut disebabkan tingginya intensitas curah hujan yang akhir-akhir ini kerap melanda. Ditambah lagi derasnya arus sungai yang ada di sepanjang jalan.


Salah satu warga sekitar Syamsuri mengatakan bahwa imbas dari jalan yang longsor dan amblas ini membuat kendaraan tak bisa melintas, jangankan kendaraan roda empat, kendaraan roda dua pun sangat susah jika harus melintasi jalan tersebut.


“Dak bisa lewat lagi kendaraan, kalaupun ada itu kendaraan roda dua, itupun harus didorong dengan perlahan, jika tidak mau kendaraanya jatuh. Sedangkan kendaraan roda empat harus menghentikan laju kendaraannya dan memutar balik.” Katanya.


Senada dikatakan warga yang lain, Bastari menurutnya dengan longsor dan amblasnya jalan tersebut dikhawatirkan perekonomian warga akan lumpuh total, jika tidak ada tindakan tanggap darurat dari Pemerintah Provinsi Sumsel. Untuk itu, warga setempat berharap kepada Gubernur Sumsel untuk segera turun ke lapangan guna mengecek dan memperbaiki jalan longsor yang ada agar aktivitas kembali normal begitu juga perekonomian.


“Diharapkan kepada Pemerintah Provinsi Sumsel agar kiranya meninjau langsung ke lokasi dan juga kiranya jalan longsor ini bisa segera diperbaiki, Apalagi mengingat sebentar lagi akan memasuki Lebaran, tentu akses jalan itu sangat diperlukan masyarakat” Harapnya.


Sementara itu, Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Mawardi Yahya Usai mendapat informasi jalan putus akibat diterjang hujan deras dan air Sungai Ogan di Kecamatan Lubuk Keliat Kabupaten OI, Selasa (14/5/2019) sore, langsung meluncur ke lokasi bersama Dinas PU PR Sumsel.
Meski mendapati kerusakan cukup parah, Mawardi memastikan akses jalan utama masyarakat ini paling lambat sepekan sudah bisa kembali dilalui.
“Paling lama seminggu jalan ini harus sudah bisa dilewati mobil dan kendaraan lainnya. Bukan hanya itu seluruh lobang-lobang dalam yang ada di sepanjang jalan ini juga saya minta diatasi. Makanya Dinas PU, kontraktor dan PPTK hari ini kita bawa semua meninjau langsung ke lokasi,” tegas mantan Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI) dua priode ini.
Bahkan Wagub Sumsel langsung mengnstruksikani kepala bidang jalan Dinas PUPR Provinsi untuk memperbaiki jalan tersebut.


“Ya, kita targetkan selesai dalam tiga hari kedepan dan pengerjaannya harus dikebut siang dan malam, Sehingga aktivitas masyarakat seputar, bisa kembali normal begitu pula masyarakat yang hendak bepergian ke OKU bisa lancar kembali,” tutur Wagub Sumsel H Mawardi Yahya. (Edi)