Palembang, jurnalsumatra.com – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 saat ini sedang membangun infrastruktur pedesaan di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan.

Infrastruktur yang dibangun antara lain jalan yang menghubungkan dua desa sepanjang 3 kilometer, kata Komandan Kodim 0405/Lahat Letkol Kav Sungudi melalui Pasiter Kodim Kapten Inf Agus Subakto selaku koordinator pelaksana TMMD di Lahat, Kamis.

Menurut dia, jalan yang dibuat tersebut menghubungkan desa Muara Dua menuju desa Atar Dalam yang selama ini tidak ada akses penghubung.

Selain itu TMMD juga membangun tembok penahan air sepanjang 400 meter, pembuatan pemandian umum, Pos Kamling termasuk bedah rumah serta rehab masjid, tambahnya.

Dia mengemukakan TMMD memang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga fasilitas pendukung pedesaan harus dimaksimalkan.

Selain itu TMMD guna menyatukan TNI dengan masyarakat karena membangun yang dikerjakan bersama warga, ujar dia.

Bukan saja perbaikan bidang infrastruktur tetapi TMMD juga meningkatkan keimanan dan ketaqwaan warga karena fasilitas ibadah juga menjadi perhatian, kata dia.

Sebelumnya Kapenrem 044/Garuda Dempo Mayor Inf Aris Barunawan menerangkan TMMD tidak lain untuk membuka akses ekonomi masyarakat pedesaan.

Oleh karena itu setiap pelaksanaan TMMD pembangunan infrastruktur menjadi utama dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

Selain itu juga diberikan penyuluhan kepada masyarakat desa antara lain hukum,termasuk bahaya akan narkoba.

Dalam program TMMD ke-103 tahun 2018 Kodim 0405/Lahat ini, sasaran fisik selain melakukan rehab Masjid Nurul Iman yang sudah mencapai 33 persen, sementara pembangunan infrastruktur lainnya sudah ada mencapai 50 persen.(anjas)