TNI AD Beri Pengobatan Warga Perbatasan Di Kampung Oksemar

Jayapura, jurnalsumatra.com – Personel Satuan Penugasan Pengamanan Perbatasan Indonesia-PNG dari Batalion Infantri Raider 509/Kostrad melaksanakan patroli kesehatan keliling berjalan kaki sejauh 15 kilometer untuk mengobati masyarakat setempat yang sakit.

  Operasi kemanudiaan itu mereka laksanakan kepada masyarakat di Kampung Oksemar, Distrik Okbibab, Kabupaten Pegunungan Bintang, Jum’at (21/2), dipimpin Komandan Pos Okbibab, Letnan Dua Infantri Wisnu Adityara, bersama lima anggotanya dan dia petugas kesehatan.

  Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, Kolonel CPL Eko Daryanto, dalam keterangan tertulis, Jumat, mengatakan, Kampung Oksemar yang didatangi jauh dari ibukota pemerintahan Kabupaten Pegunungan Bintang.

  Ketika warga Kampung Oksemar sakit dan ingin berobat, kata dia, masyarakat harus berjalan menuju Kampung Abmisibil yang jaraknya sekitar satu setengah kilometer melewati sungai.

  “Patroli pelayanan kesehatan ini bentuk nyata kepedulian prajurit TNI AD terhadap masyarakat Kampung Oksemar, selain itu kebiasaan masyarakat yang masih tidak mau dirawat inap jika sakit, karena jarak yang cukup jauh serta tidak ada transportasi darat,” kata dia.

  Sementara itu, Kepala Kampung Oksemar, Rikardus Uropmabin, memberikan apresiasi atas pelayanan kesehatan diberikan prajurit TNI AD Satuan Penugasan Pengamanan Perbatasan Indonesia-PNG dari Batalion Infantri Raider 509/Kostrad kepada masyarakat kampung Oksemar.

  “Selaku kepala kampung saya sangat berterima kasih atas kepedulian bapak-bapak TNI AD yang sudah rela jauh-jauh datang untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di kampung ini, ya ini menjadi pengabdian nyata TNI AD untuk membantu masyarakat di pelosok kampung,” kata dia.(anjas)