TNI AD Gelar Rakornis TMMD Ke-101

    Jakarta, jurnalsumatra.com – TNI Angkatan Darat menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-101 TA 2018 untuk mempersiapkan pelaksanaan kegiatan itu mulai 28 Maret 2018.
Acara Rakornis TMMD itu dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, didampingi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono selaku Penanggung Jawab Operasional (PJO) TMMD, di salah satu hotel di Jakarta Barat, Selasa.
Kegiatan Rakornis TMMD diselenggarakan dalam rangka menyamakan visi, misi dan persepsi serta arah kebijakan dalam mewujudkan kesiapan penyelenggaraan Program TMMD Ke-101 TA 2018.
KSAD Jenderal TNI Mulyono mengatakan pada pelaksanaan TMMD tahun 2018, TNI AD bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) beserta seluruh jajarannya.
Program TMMD juga bekerja sama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) provinsi/kabupaten/kota, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) provinsi/kabupaten/kota, serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi/kabupaten/kota.
Menurut dia, upaya sinergi program TMMD dengan program Kemendikbud tahun ini, dilakukan terutama dalam upaya membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa guna menjaga keutuhan NKRI.

“Masyarakat akan dibekali tentang wawasan kebangsaan dan rasa cinta Tanah Air,” kata Mulyono.
Agar pelaksanaan program TMMD Ke-101 TA 2018 dapat berjalan dengan baik, maka pada Rakornis TMMD kali ini,  para peserta akan dibekali materi dari beberapa narasumber antara Iain dari Sekjen Kemendikbud, Deputi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat, perwakilan dari Mabes Polri, dan lain-lain.
Pelaksanaan TMMD Ke-101 TA 2018 akan berlangsung selama 30 hari yaitu 28 Maret sampai dengan 26 April 2018 di 50 kabupaten/kota seluruh Indonesia. Adapun jumlah personel yang terlibat sekitar 7.500 orang terdiri dari unsur TNI/Polri, Kementerian/LPNK, Pemda dan masyarakat.
Program TMMD merupakan bagian dari komitmen TNI AD untuk ikut membangun bangsa dan negara bersama komponen bangsa lainnya secara sinergi dan berkesinambungan, kata KSAD.
Mulai tahun 2017 yang lalu, kegiatan TMMD dilaksanakan tiga kali dalam setahun. Adapun tema yang diusung tahun ini yaitu “TNI Manunggal Rakyat Membangun Karakter dan Kemandirian Bangsa”.
Berkaitan dengan upaya sosialisasi pencapaian atau hasil pelaksanaan TMMD, TNI AD juga kembali mengadakan Lomba Karya Jurnalistik TMMD.
Lomba yang diperuntukkan bagi Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD dan rekan-rekan wartawan media ini merupakan yang ke-8 kalinya digelar oleh TNI AD.
Tujuan lomba, selain untuk menyebarluaskan publikasi kegiatan TMMD kepada seluruh lapisan masyarakat sebagai bagian dari pemenuhan informasi publik, juga sebagai upaya menggugah kepedulian masyarakat terhadap upaya pembangunan di daerahnya.(anjas)

Leave a Reply