TNI AL Ajak Anak Muda Kotabaru Bergabung

     Kotabaru, jurnalsumatra.com – TNI Angkatan Laut membuka kesempatan bagi anak-anak muda dari semua kalangan termasuk yang ada di Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan untuk bergabung menjadi calon prajurit pada penerimaan tahun 2017.
“Kami mengajak anak-anak muda masuk TNI Angkatan Laut yang terbuka bagi semua kalangan baik keluarga petani, nelayan, dan lainnya,” ucap Kepala Lembaga Penyedia Tenaga Angkatan Laut Kolonel (L) Gatot Harianto di Kotabaru, Kamis.
Dikatakan, TNI AL membutuhkan 1.400 personel Tamtama, 100 personel Taruna yang terdiri atas 90 Taruna dan 10 Taruni, serta 800 prajurit jenjang Bintara.
Untuk menarik minat generasi muda bergabung dengan Angkatan Laut, sosialisasi dan promosi penerimaan calon prajurit pun digencarkan, khususnya kepada para siswa SMA sederajat.
“Saya yakin banyak anak muda Kotabaru yang berpotensi masuk Angkatan Laut. Hanya saja, mereka belum terlalu mengenal institusi ini,” kata Gatot.

     Sosialisasi dan promosi penerimaan calon prajurit yang digelar Pangkalan TNI AL Kotabaru di Gedung Mahligai Pemuda disambut cukup antusias. Kegiatan yang baru pertama kali diadakan ini tidak hanya diikuti pelajar di Kotabaru, dari Tanah Bumbu pun juga bersemangat jauh-jauh datang.
“Sosialisasi seperti ini ke depan akan rutin kami lakukan, terutama langsung ke sekolah-sekolah,” ucap Komandan Lanal Kotabaru Letkol Laut (E) Joko Adriyanto.
Untuk menjadi prajurit TNI AL, ada beberapa persyatan khusus yang perlu diperhatikan. Antara lain, kesehatan yang baik, serta tinggi badan minimal untuk putra 163 centimeter dan putri sekitar 157 centimeter.
Pendaftaran sendiri tidak perlu lagi harus jauh-jauh ke Banjarmasin. Ini karena tempat pendaftaran sudah dibuka di Lanal Kotabaru.
“Bagi para pendaftar tidak dipungut biaya sedikitpun, semuanya gratis,” tandas Joko.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − ten =